Senjata Serbu Terbaik di Dunia, Ini Pilihannya

8. pasukan | Buliran.com

SENAPAN serbu adalah laras panjang otomatis yang menggunakan peluru jarak menengah dan tempat peluru yang dapat dilepas. bisa dikatakan salah satu “teman” dari pasukan militer berbagai negara yang menggunakannya dalam berbagai operasi.

Ada banyak senapan serbu yang dijual di beberapa negara dan dapat dibeli oleh warga sipil yang memiliki izin. Namun, tetap saja senjata api dengan laras panjang ini desain aslinya adalah untuk militer.

Kurang rasanya jika dalam perkembangan militer tidak dibahas mengenai di dunia. Dikutip dari laman Okezone, kami akan membahas empat senapan serbu yang terbaik di dunia.

M-16 ( Serikat)

1. m16 | Buliran.com

Bila membahas mengenai senapan serbu, rasanya kurang bila tidak mengulik M-16. Senjata api ini adalah senapan paling populer yang replikanya kerap digunakan di berbagai film.

M-16 didesain pada akhir 1950-an, dan saat itu senjata laras panjang ini memiliki desain yang dianggap sangat progresif. Saat pembuatan, pihak militer AS meminta senjata api yang memiliki bobot ringan. Sehingga, M-16 menggunakan beberapa bahan ringan demi mengurangi bobot utamanya.

Senapan laras panjang ini menggunakan aluminium untuk menggantikan baja serta bahan fiberglass untuk mengganti kayu (saat itu kayu sering digunakan menjadi salah satu bahan di bagian senjata api).

Ketika diperlihatkan banyak yang menganggap desainnya sangat ergonomis. Bahkan ketika diperkenalkan, senapan serbu tersebut diberi nama alias “Senapan Luar Angkasa”.

Laras pada M-16 memiliki satu jalur dengan popornya, hal ini demi mengurangi efek recoil (seperti senjata agak mundur usai memuntahkan peluru). Senapan serbu M-16 dilaporkan sangat lancar ketika menggunakan setting otomatis dan sangat mudah dikendalikan.

Baca Juga   Arab Saudi Pimpin Daftar Negara Pengimpor Senjata Terbesar di Dunia

Pihak militer AS menyampaikan bahwa M-16 adalah salah satu senjata yang setting otomatisnya paling akurat dibanding senapan serbu lainnya. Akurasi M-16 juga tidak perlu diragukan lagi. Senjata ini sangat baik ketika digunakan dalam medan perang, namun tetap M-16 memiliki kekurangan.

Tapi dengan model yang lebih baru, M-16 memiliki beberapa modifikasi, salah satunya adalah mendukung dipasangkan dengan berbagai teropong senjata api, bahkan pada laras bagian bawahnya dapat dilengkapi peluncur granat.

M-16 saat ini diperkirakan sudah 8 juta unit diproduksi dan digunakan oleh militer di 70 negara. Sehingga, tidak salah lagi bila senapan serbu ini diposisikan nomor satu dalam kategori senapan serbu terbaik.

AK-103 ()

1. AK 103 Senapan Tentara Iran 2 | Buliran.com

Siapa yang tidak kenal dengan senapan serbu seri AK, apalagi AK-47 yang menjadi senapan serbu legendaris dari era Uni Soviet. AK-103 bisa dikatakan adalah senapan serbu modifikasi dari AK-47, namun dengan yang lebih baik serta bahan dasar yang baru.

AK-103 menggunakan amunisi berjenis 7,62 x 39 milimeter (mm). Dilaporkan, amunisi ini adalah peluru asli dari senapan serbu AK-47. Bila dibandingkan dengan penerus lain dari AK-47, yaitu AK-74 M, AK-103 masih dianggap superior karena pelurunya memiliki efek penetrasi yang lebih mumpuni.

Senapan serbu ini serupa dengan seri AK-100 lainnya yang menggunakan mekanisme yang serupa dengan senapan laras panjang yang didesain oleh Mikhail Kalashnikov. AK-103 juga memiliki karaterisktik serupa dengan seri AK yaitu dapat bertahan dalam berbagai medan dan bahkan tahan bila dibanting oleh tentara.

Namun berbeda dengan M-16 yang tingkat akurasinya tinggi, AK-103 memiliki akurasi rendah namun senapan serbu ini masih tetap dapat beroperasi di medan yang memiliki kondisi buruk.

Baca Juga   Militer AS "Menggigil" dengan 5 Senjata Perang Rusia Ini

Dalam segi desain, AK-103 memiliki bentuk yang sederhana bahkan dari segi teknis, senapan serbu ini dianggap senjata teknologi rendah. Dilaporkan, karena bahan dan desainnya yang sederhana AK-103 dilaporkan dapat diproduksi di pabrik biasa yang membuat produk dari bahan baja.

Namun, tetap senapan serbu ini diakui sebagai yang terbaik terbukti seri AK-100 hingga menjadi “teman setia” dari militer Rusia. AK-100 juga sudah diekspor ke 10 negara, bahkan beberapa negara telah membeli lisensi dari senapan serbu ini agar bisa memproduksinya sendiri.

Heckler and Koch G36 ()

1. Heckler and Koch G36 Jerman | Buliran.com

Senapan serbu G36 bisa dikatakan sebagai mahakarya dari perusahaan Heckler and Koch yang dibuat untuk menggantikan senapan serbu G3. Semenjak 1995, senapan serbu G36 adalah senjata api standar dari angkatan bersenjata Jerman.

Senapan serbu ini juga dikenal sebagai produk ekspor yang dianggap sukses dari Heckler and Koch. Faktanya, G36 hingga saat ini sudah diekspor ke lebih dari 40 negara.

Senapan serbu G36 menggunakan peluru jenis 5,56 x 45 mm. Senapan ini dioperasikan dengan dasar gas konvensional dengan setting di badan senjata yang dapat dipilih otomatis, burst, atau standar.

Dilaporkan, purwarupa dari G36 pernah diuji coba dengan senapan serbu milik Austria Steyr AUG. Saat uji coba tersebut, G36 terbukti memiliki lebih tinggi pada beberapa aspeknya. Senapan serbu ini juga dikabarkan di manufaktur dengan teknologi terbaru.

Pada bentuk standarnya, G36 memiliki tempat peluru yang memiliki kapasitas 30 peluru dan bahan dasarnya adalah plastik, sehingga bisa dipastikan senjata ini memiliki bobot yang ringan. G36 juga dapat dilengkapi dengan berbagai teropong, bahkan dapat dipasang juga dengan peluncur granat di laras bagian bawahnya.

Baca Juga   Deretan Panglima Perang Paling Pemberani dari Zaman Kuno

G36 dianggap sebagai salah satu senapan serbu terbaik di dunia karena bentuknya yang modern, ringan, serta dapat diandalkan dalam berbagai operasi militer. Walaupun tidak se-“wah” seri AK-100, G-36 dianggap senapan serbu dengan tingkat presisi yang tinggi.

Steyr AUG (Austria)

1. 4 senjata | Buliran.com

Senapan serbu Steyr AUG (Universal Army Rifle) didesain oleh Austria dan telah digunakan di militer negara tersebut sejak 1977. Ketika pertama kali diperkenalkan, senjata ini dianggap unik dan revolusioner, bisa terlihat dari bentuk fisiknya.

Senapan serbu ini menggunakan amunisi jenis NATO 5,56 x 45 mm, serupa dengan G36, Steyr juga menggunakan gas konvensional dengan beberapa setting tembakan. Uniknya, senapan serbu ini memiliki desain yang modular sehingga bisa beradaptasi dengan cara mengubah larasnya.

Terdapat empat laras yang bisa digunakan oleh Steryr AUG yaitu standar, compact, karabin dan senapan mesin ringan. Karena fitur ini, hanya dengan satu senjata saja, maka Steryr AUG dapat digunakan untuk berbagai misi yang berbeda-beda.

Senapan serbu ini menggunakan material sintetis serta beragam campuran logam terbaik. Sehingga bisa dipastikan senjata ini memiliki bobot ringan dan dapat diandalkan untuk mobilisasi militer.

Pada model orisinalnya, senapan serbu ini sudah memiliki teropong 1.5x untuk membantu melihat target yang tidak terlihat jelas dengan mata normal. Sebab, teropong ini didesain untuk melihat target yang berjarak hingga 300 meter.

Saat ini senapan serbu Steyr AUG telah digunakan oleh angkatan bersenjata di lebih dari 40 negara. (***/okz)