Deretan Tank Terbaik di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Tank | Buliran.com

Tank M1A2 SEP dari Amerika Serikat

Tank kelas berat M1A2 SEP adalah penerus kesuksesan MIA2 Abrams. Ini tank andalan Amerika Serikat untuk melibas musuh-musuhnya di seluruh dunia. AS menyempurnakan sistem perlindungan untuk M1A2 SEP, baju besinya dilapisi uranium.

Sama dengan pendahulunya, MIA2 SEP dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi.

Senjatanya mengandalkan meriam L44 120mm. Mampu menghancurkan tank lain dalam radius 4 Km. Namun disebut-sebut, senjata ini masih di bawah kemampuan Tank Leopard 2A7 atau Black Panther K-2.

Tank berbobot 62,5 ton ini mengandalkan turbin gas. Mampu digeber 67 km/jam hingga 400 kilometer. Memang bertenaga, tapi juga memerlukan perawatan yang rumit dan boros bahan bakar. Tak seperti diesel yang mudah didapat, gas butuh suplai khusus dalam setiap operasi.

AS diperkirakan sudah mengupgrade sekitar 900 unit MIA2 Abrams menjadi M1A2 SEP. Tank ini akan bertugas hingga 2050 di Kavaleri Lapis Baja AS.

Tank Challenger 2 buatan Inggris

Inggris dikenal punya reputasi baik sebagai pembuat Panser dan Tank terbaik di dunia. Begitu pula dengan Tank Kelas Berat Challenger 2. Baju besinya mengandalkan lapisan chobham terbaru yang merupakan proteksi terbaik untuk menahan gempuran musuh.

Challenger 2 dioperasikan 4 awak. Masing-masing bertugas sebagai komandan tank, penembak, pengisi peluru, serta pengemudi. Tank ini memiliki berat 62,5 ton. Dipersenjatai meriam kaliber 120 mm yang mampu digunakan pada jarak 5 km. Challenger memegang rekor tembakan terjauh untuk duel antar tank.

Baca Juga   Mau Tahu Daya Jelajah Mobil Listrik, Ikuti Ulasan Berikut