Deretan Tank Terbaik di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Tank | Buliran.com

Tank Leopard 2 RI di antaranya dioperasikan Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad di Pasuruan dan Yonkav 1 di Cijantung, Jakarta Timur.

Jerman, Kanada, Yunani, Belanda, Portugis dan Spanyol menggunakan tank Leopard 2 ini sebagai andalan kavaleri lapis baja mereka. Konflik di Timur Tengah menunjukkan si macan besi ini memang battle proven.

K-2 Black Panther dari Korea Selatan

Posisi selanjutnya diisi oleh K-2 Black Panther produksi Korea Selatan. Bersiap siaga menghadapi ancaman serangan darat Korea Utara sepanjang waktu membuat Korsel tak main-main membangun tank andalan yang unggul dalam segala bidang.

Disebut-sebut inilah tank paling mahal saat ini. Mengusung perlindungan seperti M1A2 Abrams milik Amerika Serikat, namun dengan bobot yang lebih ringan, hanya 55 ton.

Tank K2 dioperasikan 3 awak. Senjatanya meriam kaliber 120 mm, dengan dua senapan mesin. Jenis meriam yang sama dengan Leopard 2A6 atau 2A7. Bisa menghancurkan kendaraan lapis baja lain dengan mudah. Bahkan helikopter serbu yang terbang rendah semacam Apache atau Mi-6.

Daya jelajah 430 km, dengan kecepatan maksimum 70 km per jam. Tahun 2017 lalu, 100 Tank K-2 telah didistribusikan ke angkatan perang Korea Selatan. Diperkirakan Negeri Ginseng ini butuh 300 Tank K-2 untuk menggantikan K-1 yang lebih tua.

Kavaleri Korea Utara harus berfikir dua kali sebelum bertempur satu lawan satu melawan si Panther Hitam ini. Kemampuannya jauh melebihi seluruh tank Korut dan China.

Baca Juga   5 Mobil Pick Up Terbaik di 2021