8 Tim Liga 3 “Naik kelas” ke Liga 2 Musim Depan

5. promosi | Buliran.com

SEBANYAK delapan tim terbaik Indonesia 2021-2022 akhirnya terungkap. Kedelapan klub tersebut berhak mendapatkan jatah promosi dan bertarung di musim depan.

Kelengkapan delapan tim promosi ke Liga 2 Indonesia 2022 dipastikan setelah hari terakhir babak 16 besar Indonesia 2021-2022 tuntas digelar dan didapatkan tiga tim lagi untuk naik kasta pada Minggu (13/3).

Diketahui, sebelumnya lima tempat promosi sudah diisi oleh lima tim yang sudah memastikan diri untuk lolos terlebih dahulu.

Persikab Kabupaten Bandung menjadi kontestan yang pertama lolos dengan mampu lebih dulu menggenggam enam poin dari dua pertandingan grup BB Indonesia. Kala itu, Persikab mampu memastikan lolos usai mengalahkan tim asal Banten, Serpong City FC dengan skor tipis 1-0 pada Kamis (10/3) silam.

Langkah Persikab Kabupaten Bandung kemudian diikuti oleh tim asal Sumatera Utara, yang tergolong sebagai salah satu tim legendaris Indonesia, PSDS Deli Serdang.

PSDS mampu memenangi pertandingan pamungkas grup AA melawan PS Palembang dengan skor 4-0 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo pada Sabtu (12/3) sore WIB.

Kemenangan tim yang satu ini ditentukan oleh penampilan menawan kakak dari bintang muda Indonesia, , yaitu Yusrizal Muzakki yang mencetak dua gol.

PSDS terakhir kali berlaga di Liga 2 pada 2010 dan penantian 12 tahun klub yang satu ini akhirnya usai.

Selanjutnya, Deltras Sidoarjo dan Putra Delta Sidoarjo menyusul untuk lolos ke Liga 2 musim 2022 usai mampu menang dari lawan masing-masing.

Deltras Sidoarjo mampu menang melawan Persedikab Kediri dengan skor 2-1. Hasil positif ini membawa The Lobster menyelesaikan laga dengan menduduki peringkat kedua grup AA dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan.

Baca Juga   Little Cruijff Mendarat di Spurs

Langkah Deltras Sidoarjo kemudian diikuti oleh Putra Delta Sidoarjo yang mampu memenangi laga secara dramatis melawan Farmel FC dengan skor 2-1. Pertandingan ini kemudian membuat Putra Delta Sidoarjo berhasil lolos sebagai pemuncak grup dengan raihan tujuh poin dari tiga pertandingan.

Sebagai peringkat kedua grup, Persipa Pati mampu melangkah, meskipun pada pertandingan pamungkas dikalahkan oleh Persikota Tangerang dengan skor tipis 2-3. Hasil ini cukup untuk membawa tim asal Pati ini bertemu rival sekota, yaitu AHHA PS Pati pada Liga 2 musim depan.

Tiga tim tersisa kemudian diisi oleh Gresik United, Mataram Utama, dan . Gresik United baru saja memenangi pertandingan melawan tim asal Jawa Barat, PSGC Ciamis dengan skor 3-0.

Sementara itu, Karo United mampu naik menjadi tim pemuncak usai mengalahkan Persikab Bandung, dengan skor tipis 2-1.

Tim terakhir yang kemudian mampu lolos ke Liga 2 musim depan ialah tim asal Yogyakarta, Mataram Utama. Mereka mampu mengalahkan Persidago Gorontalo dengan skor telak 4-1. Dengan hasil ini, maka lengkaplah sudah delapan tim yang akan melaju ke Liga 2 musim 2022/2023.

Sementara itu, empat tim akan melanjutkan langkah ke semifinal Liga 3 musim 2021/2022, yaitu PSDS Deli Serdang, Putra Delta Sidoarjo, Karo United, dan Mataram Utama.

Daftar Lengkap delapan tim promosi Liga 2 2022/2023

  • Persikab Bandung
  • PSDS Deli Serdang
  • Deltras Sidoarjo
  • Putra Delta Sidoarjo
  • Persipa Pati
  • Karo United
  • Mataram Utama
  • Gresik United

(*/sbc)