Astronot AS Terancam Tak Bisa Pulang ke Bumi

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Astronot | Buliran.com

BuliranNews, MOSKWA – Astronot asal Amerika Serikat (AS) Mark Vande Hei terancam gagal pulang ke Bumi setelah Rusia memberikan ancaman. Kepala Badan Antariksa Rusia Dmitry Rogozin membuat ancaman dalam video yang diunggahnya ke media sosial pada akhir Februari silam.

Peringatan terhadap Vande dilayangkan menyusul langkah Presiden AS Joe Biden terkait pemberian sanksi terhadap Rusia sebagai tanggapan atas perang yang dimulai negara itu di Ukraina.

Dilansir dari New York Post, sebelumnya Vande dijadwalkan kembali ke Bumi dari Stasiun Luar Angkasa Internasional pada April mendatang bersama dua kosmonot Rusia. Dia bakal mendarat di Kazakhstan dalam waktu sekitar tiga minggu bersama dua rekannya dari Rusia dengan menggunakan pesawat ruang angkasa Rusia.

Sementara itu, Lembaga Antariksa Nasional Amerika (NASA) belum mengomentari ancaman Rogozin. Tetapi setelah pernyataan Biden, badan antariksa itu mengatakan tidak ada perubahan yang direncanakan dalam kerja sama AS dan Rusia di Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Sebagai informasi, AS dan Rusia mengoperasikan bagian stasiun yang terpisah. Astronot AS, terutama sebelum kemunculan SpaceX, mengandalkan pesawat luar angkasa Rusia untuk misi mereka. (*/hsy/cic)

Baca Juga   Kekerasan Paksa 15 Juta Warga di Mali, Niger & Burkina Faso Mengungsi