Nyari SUV Bekas Murah, Bandel & Tangguh? Ini Rekomendasinya

Avatar Of Teddy Chaniago
5. Mobil | Buliran.com

POPULARITAS SUV memang semakin tinggi beberapa tahun belakang. Hal ini ditandai dengan banyaknya mobil terlaris yang datang dari segmen SUV serta kemunculan berbagai SUV baru dari beragam pabrikan di Indonesia. Tapi bukan hanya model terbaru, ada banyak alternatif SUV bekas murah yang tersedia di pasar mobil bekas Tanah Air.

Pilihan mobil SUV memang menjadi pilihan karena tampilannya yang maskulin dan memiliki desain kekar untuk dibawa berkendara ke berbagai medan. Mengingat SUV biasanya memiliki ground clearance yang tinggi. Sedangkan kepraktisan ruang penyimpanan dibantu dengan roof rail demi mempermudah menyimpan barang bawaan di atap mobil.

Dari sekian banyak pilihan yang tersedia, tentu saja membeli mobil bekas yang sesuai dengan budget dan kebutuhan merupakan faktor penentu yang paling tepat. Masih bingung untuk memilih mobil bekas terbaik? Berikut 5 rekomendasi SUV bekas murah dengan mesin yang bandel dan tangguh dibawa ke berbagai medan.

1. Chevrolet Captiva

5.1 Chevrolet Captiva | Buliran.com
Meski tak lagi dipasarkan di Indonesia, tapi berbagai model Chevrolet masih populer sebagai mobil bekas dengan pengguna yang setia. Berbekal mesinnya yang bertenaga dan mampu menerjang berbagai medan jalan, Captiva merupakan salah satu alternatif SUV bekas murah terbaik saat ini.

Kelebihan Chevrolet Captiva terlihat dari performa mesin yang diberikan. Ada pilihan mesin bensin dan diesel, dimana mesin diesel menghadirkan tenaga yang lebih besar dan konsumsi BBM yang lebih irit. Patut diingat bahwa bengkel resmi Chevrolet tak begitu banyak ditemukan, tapi Anda bisa memperbaiki mobil ini di bengkel umum terdekat.

Harganya dibanderol mulai dari Rp 76 jutaan. Sangat terjangkau jika dibandingkan dengan segala kelebihan yang ditawarkan oleh mobil ini. Harganya turun drastis karena sudah tak lagi dipasarkan di Indonesia. Namun meskipun begitu, spare part bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce, bengkel maupun toko aksesoris Tanah Air.

Baca Juga   Ayo Guys, Hanya 6 Jutaan Anda Bisa Dapatkan Skuter Listrik dari Honda

2. Honda CR-V

5.2 Honda Cr V | Buliran.com

Nama besar Honda CR-V bukan hanya didapatkan dalam semalam saja. Mobil yang masuk ke Indonesia sejak 2001 ini dikenal karena bodinya yang tangguh, mesin performa tinggi dan bandel.

Sehingga walaupun mobil ini sudah berusia lebih 20 tahun, CR-V bekas yang menawarkan ruang kabin yang lapang masih menarik untuk dimiliki.

Honda CR-V lawas masih banyak diburu mengingat modelnya memiliki desain yang tak lekang oleh waktu. Tapi dibandingkan mobil lain di daftar ini, konsumsi BBM CR-V terasa boros. Namun pengendaraan khas Honda yang menyenangkan dan handling yang presisi menjadi salah satu keunggulannya.

Tergantung dengan kondisi dan umur kendaraan, harga Honda CR-V bekas dimulai dari Rp 50 jutaan yang diberikan pada mobil generasi pertama. Lalu untuk mobil yang lebih baru, misalnya CR-V generasi kedua tahun 2002 dibanderol Rp 60 jutaan. Sedangkan CR-V gen ketiga yang memberikan fitur yang lebih lengkap dan tampilan yang lebih modern bisa didapatkan dengan harga Rp 100 jutaan.

3. Hyundai Tucson

5.3 Hyundai Tucson | Buliran.com

Tak banyak yang mencari mobil ini. Padahal Hyundai Tucson merupakan salah satu SUV dengan fitur yang terbilang lengkap, tampilan yang modern, dan kapasitas kabin yang lapang untuk penumpang di dalam kabin. Menggunakan mesin 2.0 liter, Tucson bertenaga 165 hp dan torsi 197 Nm disandingkan transmisi otomatis 6-percepatan Shiftronic yang canggih.

Kapasitas kabin mobil terasa lapang dengan ruang bagasi sebesar 727 liter. Bahkan Anda bisa melipat bangku di tengah rata lantai dan mendapatkan ruang penyimpanan sebesar 1.580 liter. Fiturnya terbilang lengkap dan tak kalah dengan SUV terbaru. Tucson bahkan sudah mendapatkan pengereman ABS dan teknologi Hill-Start Assist yang ditemukan pada mobil SUV standar terbaru.

Baca Juga   Kendaraan Paling Ekstrem di Dunia

Sama seperti merek asal Korea lainnya, harga mobil bekas Hyundai Tucson jatuh cukup dalam. Pasalnya model keluaran 2011 sudah bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 100 jutaan saja.

Pamor Hyundai yang belum seterkenal Toyota maupun Honda serta bengkel resmi yang tak terlalu banyak tersebar juga menjadi alasan mobil ini kurang populer dan mengalami depresiasi harga yang tinggi.

4. Nissan X-Trail

5.4 Nissan X Trail | Buliran.com

Nissan sempat Berjaya dengan kemunculan SUV Nissan X-Trail yang dikenal memberikan tenaga besar dan mesin yang bandel. Kelengkapan fiturnya bisa dibilang mengesankan dibandingkan dengan mobil lain pada masanya. Bodinya berotot dan mampu mengatasi jalanan perkebunan maupun pertambangan dengan apik.

Ada dua pilihan mesin, yaitu mesin 2.0 liter dan mesin 2.5 liter. Dibandingkan model lain di daftar ini, X-Trail sayangnya memiliki tenaga yang paling rendah. Tapi mobil ini tetap menyenangkan untuk dikendarai karena sudah memiliki sistem pengereman ABS+EBD+BA yang akan sangat membantu.

Material kabin pun terasa premium dan memberikan kenyamanan sepanjang perjalanan.
Anda bisa mendapatkan SUV ini dengan harga yang beragam. Untuk model keluaran tahun 2003 hingga 2004, harganya terpantau mulai dari Rp 60 jutaan. Sedangkan model yang lebih baru, misalnya X-Trail tahun 2011 bisa didapatkan dengan banderol mulai dari Rp 100 jutaan hingga Rp 125 jutaan.

5. Suzuki Grand Vitara

5.5 Grand Vitara | Buliran.com

SUV ini memiliki kesan garang dan tak kalah maskulin dibandingkan mobil SUV lainnya di segmen ini. Bodinya kokoh dan tampilannya sangar, memberikan kesan mengesankan dan membuatnya menjadi alternatif yang baik untuk pengendaraan di berbagai medan. Apalagi dengan ground clearance tinggi, memudahkan mobil ini melaju di jalanan off-road maupun menerobos banjir.

Baca Juga   Mengenal Mobil Perdana di Dunia Otomotif

Keunggulannya terdapat pada mesin yang bandel dan berperforma tinggi meskipun sudah berusia lebih dari 10 tahun. Suspensinya enak dan bantingannya tak terlalu keras. Begitu pula dengan pengendaraan yang stabil, tak begitu limbung. Tapi patut diperhatikan bahwa mobil ini membutuhkan penggantian oli yang tinggi, serta respons transmisi yang cukup rendah, apalagi untuk model bermesin 2.0 liter.

Sedangkan harga bekasnya, mobil yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2006 ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp 75 jutaan saja. Tentu saja ada model yang dibanderol lebih murah, tapi patut diperhatikan bagaimana kondisi mobil maupun pajak kendaraan. Lihat lebih lengkap harganya di sini.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika membeli mobil SUV bekas yaitu kondisi kaki-kaki dan mesin kendaraan. Apalagi mobil jenis ini sering digunakan untuk pengendaraan yang berat dengan kapasitas penuh, sehingga kedua komponen tersebut memerlukan perhatian yang lebih.

Begitu pula dengan harga yang bisa dibilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan mobil yang lebih kompak, seperti jenis hatchback maupun MPV pada umumnya. Sehingga patut dicurigai jika ada penjual yang menawarkan SUV bekas dengan harga yang lebih rendah dibandingkan harga pasaran. Cek lebih dalam jika ada masalah pada kendaraan yang akan mempengaruhi budget tambahan nantinya.

Riwayat perawatan berkala serta melakukan test drive juga diperlukan demi mendapatkan mobil terbaik dengan harga yang sesuai. Jangan lupa untuk mencari data mengenai informasi harga mobil bekas maupun tips dan trik ketika membeli mobil bekas. (*/tic)