Senjata Pemusnah Massal Paling Mematikan di Dunia!

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Bom | Buliran.com

APA itu senjata pemusnah massal? Sesuai dengan namanya, senjata pemusnah massal adalah senjata yang digunakan untuk menghabisi dan memusnahkan segala benda/manusia yang menjadi/berada di area sasarannya.

Sebut saja bom nuklir dan bom napalm yang digunakan oleh pihak militer untuk melumpuhkan lawan perangnya. Namun, itu hanya dua dari banyaknya senjata mematikan yang dibuat oleh manusia.

Berdasarkan catatan sejarah, manusia terus mengembangkan berbagai macam senjata mematikan dengan berbagai tujuan. Entah untuk mempertahankan wilayah kekuasaan atau malah untuk menyerang wilayah lain.

Nah, di bawah ini kamu bisa melihat enam senjata yang dikategorikan sebagai senjata paling mematikan seperti dikutip dari laman Keepo. Kalau kamu udah jadi target sasaran, jangan pernah berharap untuk dapat selamat!

1.MIRV

7.1 Mirv | Buliran.com

Apa itu MIRV? MIRV merupakan singkatan dari Multiple Independently-targetable Reentry Vehicle. Senjata ini pertama kali diciptakan pada tahun 1960-an. Senjata mengerikan ini pernah digunakan pada era perang dingin yang mana pada saat itu Amerika Serikat dan Rusia tengah berlomba-lomba mencari sekutu.

Proses kerja dari bom MIRV ini adalah dengan cara dilemparkan ke angkasa yang nantinya akan berubah menjadi lusinan bom jarak jauh. Kekuatannya yang sangat besar dapat mengakibatkan kerusakan yang sangat parah dengan area yang cukup luas.

2.Bom Nuklir

7.2 Bom Nuklir | Buliran.com

Ini salah satu senjata paling mematikan ini sering digunakan pada masa Perang Dunia II. Salah satu gambaran dari dahsyatnya ledakan bom nuklir adalah peristiwa pengeboman yang dilakukan militer Amerika Serikat terhadap dua kota di Jepang, yakni Hiroshima dan Nagasaki.

Banyak sekali korban yang berjatuhan, tidak peduli itu bayi, anak-anak, ibu-ibu, hingga pria dewasa. Karena sangat membahayakan keberlangsungan umat, penggunaan bom nuklir pun dilarang oleh dunia.

Baca Juga   Profil 3 Anak Tokoh Proklamator Bung Hatta

Meski begitu, beberapa negara seperti Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Cina, Pakistan, Inggris, India, Israel, Iran, dan Korea Utara diyakini masih memiliki bom tersebut dan kini tengah mengembangkannya.

3.Bom Cluster

7.3 Bom Cluster | Buliran.com

Dinamakan sebagai bom cluster karena bom ini dapat menjatuhkan ratusan dan bahkan ribuan bom dengan ukuran kecil. Prosesnya adalah ketika bom tersebut dijatuhkan ke darat, bom-bom kecil yang ada di dalam langsung meledak dan menghancurkan apa saja yang ada di area sasaran.

Diperkirakan jika satu bom cluster dapat menghancurkan area seluas tiga kali lapangan sepak bola. Bisa dibayangkan bukan betapa berbahayanya bom yang satu ini.

4.White Phosphorus

7.4 White Phosphorus | Buliran.com

Selanjutnya ada senjata bernama White Posporus. Senjata ini masuk ke dalam kategori mematikan karena bom ini akan meledak di udara dan mengeluarkan zat kimia asap fosfor berwarna putih.

Zat tersebut dapat membakar apa saja yang menghalanginya. Bahkan, semua makhluk hidup akan melepuh dan terbakar hingga hancur. Karena sangat berbahaya, senjata ini dilarang peredarannya sejak tahun 1980.

Meski demikian, diyakini masih ada negara yang menyimpan dan mengembangkannya dengan dalih melawan terorisme, mempertahankan wilayah kedaulatan, dan sebagainya.

5.Bom Napalm

7.5 Bom Napalm | Buliran.com

Senjata mematikan ini diciptakan oleh militer Amerika Serikat dan digunakan pada saat melawan Jepang di Perang Dunia II. Efek yang dihasilkan begitu besar, lantaran bom ini mampu membakar apa saja ketika dijatuhkan dari udara.

Ukuran bom ini relatif besar karena mengandung beberapa bahan pembakar dari gel. Selain digunakan pada Perang Dunia II, militer AS juga menggunakannya pada saat perang Vietnam. Kala itu, tidak sedikit musuh yang terpanggang hidup-hidup akibat bom yang satu ini.

6.Gas Klorin

7.6 Gas Klorin | Buliran.com

Meskipun berbentuk gas, namun nyatanya gas klorin sangat berbahaya bagi keselamatan manusia. Pasalnya senjata ini langsung menyerang bagian vital tubuh, yakni sistem pernapasan. Senyawa kimia asam yang terkandung di dalamnya akan membuat manusia yang menghirupnya mati lemas hanya dalam hitungan menit.

Baca Juga   Nyari Laptop Awet dengan Baterai Tahan Lama? Ini Rekomendasinya

Nah, senjata ini diketahui digunakan oleh pasukan Nazi kala pembantai di Holocoust. Selain Nazi, militer Jepang juga pernah menggunakan senjata ini saat melawan pasukan China. ***