Ayo Kenali, Ini Jenis, Gejala & Penyebab Kanker Otak

5. kanker | Buliran.com

SEMUA jenis penyakit yang menyerang tubuh manusia bisa berakibat fatal terhadap kondisi penderitanya. Tergantung dari tingkat keparahan penyakit tersebut, risiko akibat kanker bisa sangat tinggi. Di sisi lain, penyakit tersebut juga bisa menyerang manusia dari rentang usia berapa pun, baik pria dan wanita, dan terjadi di bagian tubuh mana saja.

Salah satu jenis penyakit kanker yang menjadi momok bagi banyak orang adalah . Sebagai organ yang mengendalikan seluruh fungsi tubuh dari ujung kepala hingga kaki, otak yang terkena kanker pasti mengalami berbagai gangguan. Lantas, apa penyebab dan gejala kanker otak? Pertanyaan tersebut bisa kamu temukan jawabannya di penjelasan berikut ini.

Apa Itu Kanker Otak?

Penyakit kanker otak adalah jenis kanker yang muncul saat sel pada jaringan otak bertumbuh secara tidak normal dan lepas kendali. Alhasil, pertumbuhan sel pada jaringan otak tersebut memunculkan sebuah massa yang bisa disebut sebagai tumor. Kemunculan tumor tersebut menjadikan otak kehilangan ruang, nutrisi, serta darah yang berasal dari sejumlah sel pada jaringan otak serta sekitarnya.

Banyak orang pasti memahami otak sebagai organ yang amat vital dan memiliki komposisi yang kompleks. Organ tersebut berguna untuk mengendalikan seluruh fungsi tubuh, seperti, fungsi gerak, perasaan, pikiran, sampai fungsi metabolisme. Saat ada sel abnormal yang tumbuh pada otak, beragam fungsi tubuh tersebut bisa mengalami gangguan.

Berdasarkan dari di tahun 2020, di Indonesia, kasus baru dari penyakit kanker otak menyentuh 1,5 persen dari semua kasus penyakit kanker yang terjadi di dunia. Di sisi lain, angka kematian akibat penyakit ini mencapai 2,3 persen dari semua penderita penyakit tersebut. Jadi, penyakit kanker otak tergolong sebagai penyakit yang tidak boleh diremehkan karena bisa berakibat fatal terhadap penderitanya dan memicu kematian.

Baca Juga   Sindir Lord Luhut Soal Covid-19, Susi Pudjiastuti Dapat Pujian Ribuan Netizen

Jenis Penyakit Kanker Otak

Menurut asalnya, penyakit ini bisa dibagi menjadi 2 jenis, yakni, kanker otak primer serta kanker otak sekunder.

Kanker Otak Primer

Merupakan penyakit kanker yang terjadi akibat kerusakan sel pada jaringan otak . Kanker otak primer memiliki beberapa jenis, seperti :

  • Astrocytoma adalah salah satu dari beberapa tipe kanker otak primer yang tumbuh serta berkembang di sel glial. Sel glial sendiri adalah sel pendukung pada sistem saraf tubuh. Astrocytoma merupakan tipe kanker otak primer dengan jumlah kasus paling banyak dan dapat terjadi pada anak-anak maupun lansia.
  • Glioblastoma multiforme atau GBM adalah tipe kanker otak yang terjadi di sel glial dan terbilang sangat ganas. GBM mampu tumbuh dan juga menyebar dengan begitu cepat, dan paling rentan terjadi pada orang dari kelompok usia di atas 50 tahun sampai 70 tahun. Berdasarkan statistik, jenis penyakit kanker otak ini lebih sering menyerang pria ketimbang wanita.
  • Medulloblastomas adalah primer sel glial yang bisa tumbuh dan juga berkembang pada cerebellum atau otak kecil. Yang dimaksud dengan cerebellum sendiri merupakan organ yang berguna untuk mengontrol gerakan. Jenis kanker otak ini umumnya menyerang pasien anak-anak serta remaja.

Kanker Otak Sekunder

Disebabkan oleh penyebaran sel kanker ke otak dari organ atau bagian tubuh lain. Istilah penyebaran sel kanker dari bagian tubuh lain tersebut adalah metastasis. Beberapa jenis kanker yang terbilang cukup sering berpindah ke bagian otak adalah kanker payudara, , kulit, tiroid, ginjal, dan juga usus besar. ***