Pulau Mayo, Sihir dari Sumbawa

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Mayo | Buliran.com

PULAU MAYO atau Pulau Moyo, merupakan pulau cantik yang berlokasi di Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Semua mata terpesoan dengan keindahannya, ini bukan hiperbola, inilah fakta dari Pulau Moyo.

Kecantikan Pulau Moyo telah memikat banyak wisatawan, baik nasional, maupun dari mancanegara. Dari orang biasa, hingga pesohor dunia, pernah datang ke Pulau Moyo Sumbawa.

Yang paling terkenal adalah kunjungan mendiang Lady Diana ke pulau tersebut, serta ke salah-satu spot terbaik di Pulau Moyo, yaitu Air Terjun Mata Jitu, yang telah dibahas di artikel sebelumnya.

Bukan hanya Lady Diana saja, beberapa artis dunia, pembalap MotoGP, beberapa atlet dunia, pernah berkunjung ke Moyo Island. Penasaran ada apa saja di Pulau Moyo?

Inilah review Pulau Moyo Sumbawa yang sudah kami persiapkan untuk anda, sebagai bahan referensi awal menentukan tempat wisata di Sumbawa saat liburan tiba.

Pulau Moyo terletak di Teluk Saleh, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tepatnya berada di Kabupaten Sumbawa

Untuk menuju Pulau Moyo hanya bisa diakses oleh armada laut saja. Salah-satu akses menuju Pulau Moyo Sumbawa yaitu dari Dermaga Aji.

Terdapat pilihan jenis armada di Dermaga Aji yaitu perahu nelayan dan Speedboat.

Jika anda memilih dengan menggunakan speedboat, maka kisaran waktu tempuh menuju Pulau Moyo sekitar 20 – 30 menit saja. Disarankan kunjungan terbaik ke Pulau Moyo pada saat musim kemarau.

Kunjungan wisata yang direkomendasikan ke Pulau Moyo yaitu pada bulan April – Juli. Sangat diutamakan sekali saat bulan Juni-Juli.

Selama di perjalanan, para wisatawan akan disambut oleh hamparan biru air laut yang tenang, dan bersih. Di sekelilingnya terdapat view alam yang akan memanjakan mata.

Baca Juga   Pulau Pari, Destinasi Pantai Eksotis nan Sesungguhnya

Daya Tarik Pulau Moyo

1. Air Terjun Mata Jitu

Daya tarik yang pertama dari Pulau Moyo adalah keberadaan sebuah air terjun bersejarah yang diduga sudah ada sejak jutaan tahun yang lalu. Hal tersebut dibuktikan dengan stalaktit yang ada di dinding air terjun.

Nama air terjun yang sangat terkenal di Pulau Moyo adalah Air Terjun Mata Jitu. Ketinggian sekitar 7 meter, tipe air terjun berundak, serta airnya memiliki daya pikat yang luar biasa, berwarna hijau tosca.

Air Terjun Mata Jitu inilah yang pernah dikunjungi oleh Lady Diana, atau Putri Diana. Dan di atas Air Terjun Mata Jitu terdapat sebuah lokasi yang sangat privat, tidak boleh dikunjungi oleh umum.

Orang yang pernah masuk lokasi tersebut, salah-satunya adalah mendiang Putri Diana, serta beberapa tokoh penting lainnya. Para pengunjung diharuskan pulang sebelum gelap dari Air Terjun Mata Jitu.

2. Pantai

Daya tarik selanjutnya dari Pulau Moyo adalah keberadaan pantai-pantai yang sangat cantik. Beda lokasi, beda juga sensasi wisata yang ditawarkannya.

Inilah pantai-pantai di Pulau Moyo yang recommended untuk dikunjungi:

  • Pantai Tanjung Pasir,
  • Pantai Raja Sua,
  • Takat Sagele,
  • Pantai Poto Jarum,
  • Pantai Brang Sedo.

3. Resort, Atau Penginapan Pulau Moyo

Resort, dan penginapan di Pulau Moyo menjadi daya tarik selanjutnya bagi para wisatawan. Terutama resort di Pulau Moyo yang menghadap ke laut lepas menjadi sebuah kenangan menginap yang takkan terlupakan.

Untuk menuju resort tersebut, satu paket dengan armada laut yang menuju Pulau Moyo, atau Air Terjun Mata Jitu.***