Chevrolet Suburban, Evolusi Jelang Satu Abad

Avatar Of Teddy Chaniago
Chevrolet Suburban
Chevrolet Suburban

CHEVROLET SUBURBAN menjadi salah satu nama tertua di dunia otomotif dengan sejarah yang dimulai sejak pertengahan tahun 1930-an.

Diluncurkan tahun 1935, Chevrolet Suburban asli ini terkenal karena konstruksi bodinya yang seluruhnya baja. Pada saat itu, penggunaan kayu sebagai komponen struktural kendaraan adalah hal yang umum.

Dengan penggunaan bahan baja, selain lebih kuat dan tahan lama, menjadikan model ini memiliki nilai jual lebih baik. Meski saat ini kendaraan dari kayu menjadi ikon dan (mungkin) bernilai tinggi.

Diperkenalkan pada tahun 1941, Suburban generasi kedua mengadopsi bodi yang tampak lebih modern. Model ini menyediakan ruang untuk delapan orang di dalamnya. Model ini sempat dipercaya untuk bertugas dalam Perang Dunia II sebagai transportasi militer.

Setelah perang, Chevy memperkenalkan Suburban baru pada tahun 1947 yang menggunakan gaya desain yang lebih halus dari beragam model truk pada saat itu. Generasi ini menjadi tipe pertama yang dibekali transmisi otomatis di SUV tersebut.

Untuk generasi yang tiba pada tahun 1955, pembeli akhirnya bisa mendapatkan mesin V8 di Suburban mereka, di mana sebelumnya hanya tersedia mesin enam inline. Selain itu, penggerak empat roda menjadi pilihan untuk pertama kalinya melalui konversi NAPCO.

Pada tahun 1960, Suburban mengadopsi tampilan yang agak lebih tajam, seperti truk Chevy lainnya saat itu. Dengan penggerak empat roda yang terbukti populer, perusahaan memperkenalkan drivetrain tersebut sebagai opsi pabrik.

Baca Juga   Salip Avanza, Xpander Jadi Mobil Terlaris Juli 2021