Mengenal Binatang Pemburu Paling Andal

7. kucing | Buliran.com

MENURUT kalian, hewan apa yang paling berbahaya dan paling jago memburu mangsanya di alam lepas? Pastinya kalian akan menjawab singa, macan tutul, atau cheetah. Karena dengan kecepatan berlarinya yang tinggi, mereka bisa mengejar dan menerkam hewan buruannya seperti zebra atau rusa.

Sayangnya, kalau kalian menjawab ketiga hewan tadi merupakan hewan yang paling andal dalam hal berburu, jawaban kalian sangat salah sekali.

Untuk kalian ketahui, ada 3 hewan selain singa yang ternyata dinobatkan sebagai paling andal di dunia. Bahkan banyak hewan yang sebelumnya mungkin tidak kalian kira termasuk dalam hewan yang andal dalam berburu, karena ukurannya yang kecil. Berikut bintang-binatang pemburu dimaksud :

1. Berkaki Hitam

7.1 Kucing Berkaki Hitam Afrika | Buliran.com

Apa yang ada di pikiran teman-teman saat melihat foto kucing di atas? Terlihat lucu dan imut. Eits, walaupun terlihat lucu dan imut, kucing berukuran kecil ini ternyata adalah salah satu hewan pemburu yang andal, lo.

Hewan ini adalah kucing berkaki hitam yang mempunyai nama Latin Felis nigripes yang asalnya dari padang rumput Afrika bagian selatan.

Kucing berkaki hitam Afrika punya ukuran yang mungkin lebih kecil dari kucing peliharaan kalian di rumah. Panjang tubuhnya 36 sampai 52 sentimeter, tinggi sekitar 20 sentimeter, dan beratnya hanya 1 sampai 3 kilogram saja.

Nah, yang membuat kucing berkaki hitam ini menjadi pemburu andal, adalah karena ia dapat memburu hingga 14 ekor burung dan hewan pengerat dalam 1 malam, lo!

Hebatnya lagi, jumlah tersebut bisa didapat hewan imut ini hanya dalam waktu 50 menit saja. Meskipun yang diburu adalah hewan-hewan kecil, tapi jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan hasil buruan macan tutul dalam enam bulan.

Baca Juga   Bukan Aaree, Ini Deretan Sungai Paling Berbahaya di Dunia

Kelebihan lain yang dimiliki kucing ini adalah dengan ukurannya yang kecil, ia akan sulit dilacak, apa lagi saat berada di antara rerumputan yang tinggi.

Selain itu, kucing berkaki hitam Afrika juga punya berbagai teknik berburu, salah satunya adalah dengan duduk dan menunggu di dekat tempat tinggal hewan buruannya seperti tikus, yang disebut teknik berburu dengan tenang.

2. Anjing Liar Afrika

7.2 Anjing Liar Afrika | Buliran.com

Alam Afrika yang luas sepertinya membuat hewan-hewan yang berada di sana menjadi pemburu yang andal, ya. Salah satunya adalah anjing liar Afrika yang disebut juga anjing pemburu Afrika.

Anjing liar Afrika disebut sebagai pemburu yang andal karena tingkat keberhasilan perburuannya yang lebih tinggi dibandingkan saudara satu spesiesnya.

Serigala dan coyote adalah beberapa contoh saudara satu spesies anjing liar Afrika yang juga terkenal dengan kemampuan berburunya. Tapi serigala dan coyote hanya punya tingkat keberhasilan berburu sekitar 35 persen atau kurang, sedangkan tingkat keberhasilan buruan anjing liar Afrika adalah 70 sampai 80 persen.

Tingkat keberhasilan yang tinggi ini disebabkan oleh kerja tim yang selalu dilakukan oleh anjing liar Afrika dalam berburu.

Anjing liar Afrika adalah hewan sosial, yang berarti mereka selalu bergerak bersama kelompoknya, termasuk berburu, lo. Ketika berburu, kelompok anjing liar Afrika akan mengejar buruannya seperti antelop sampai hewan buruannya kelelahan.

Nah, setelah berhasil mendapatkan hewan buruannya, mereka akan memakannya bersama-sama dan biasanya anak-anak diizinkan untuk memakan lebih dulu hewan buruannya.

O iya, berbeda dengan hewan lain yang berkelompok, anjing liar Afrika tidak mengenal adanya pemimpin kelompok. Mereka menganggap semua anggota kelompoknya punya kedudukan yang sama.

3. Elang

7.3 Elang Ikan | Buliran.com

Elang dikenal sebagai hewan pemangsa yang mempunyai kemampuan berburu yang baik. Hal ini disebabkan oleh penglihatannya yang dianggap sangat baik. Dengan retina yang dilapisi sel pendeteksi cahaya sehingga elang bisa melihat hal-hal yang lebih detail.

Baca Juga   Ini Lho! Sumber Penghasil Polusi Udara

Nah, kemampuan berburu yang hebat juga dimiliki oleh elang ikan atau osprey yang bisa menangkap hewan buruannya, yaitu ikan dengan cepat dan tepat.

Elang memang memiliki kemampuan yang hebat untuk menangkap mangsanya, tapi kebanyakan gagal, kecuali saat menangkap ikan. Elang ikan termasuk salah satu jenis elang yang mempunyai kemampuan tinggi untuk menangkap ikan, yaitu dengan tingkat keberhasilan 80 sampai 89 persen, lo.

Tingkat keberhasilan ini lebih tinggi dibandingkan dengan elang botak yang tingkat keberhasilan buruannya sekitar 80 persen saja. Elang ikan yang mempunyai panjang sayap hingga 2 meter ini biasanya akan berburu ikan di perairan yang dangkal.

Saat berburu, elang ikan biasanya melihat mangsanya dari kejauhan. Lalu, saat sudah dekat dengan mangsanya, ia akan memperlambat laju terbangnya dan mencengkeram ikan.

Setelah menangkap ikan buruannya, elang ikan biasanya akan mendarat. Ini dilakukan untuk mengubah posisi cengkeraman cakarnya pada ikan yang licin agar ikan tidak terlepas dari cengkeramannya.

Elang ikan juga bisa menangkap ikan lebih banyak dibandingkan elang lain, lo, yaitu dua ikan sekaligus pada masing-masing cakarnya. Kemampuan berburua para hewan tersebut diukur dari berbagai hal, teman-teman, tidak hanya dari ukuran hewan itu saja.

Tapi hasil buruan yang mereka dapatkan hingga teknik berburu menjadi penentu hewan-hewan tadi dianggap sebagai pemburu yang andal.***