Catat ! Ini Diktator Terkejam di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Killing Field | Buliran.com

Stallin tetap berkuasa hingga ia meninggal pada 5 maret 1953. Stalin dianngap sebagai pemimpin terkejam yang pernah menjabat.

2. Mao Zedong, Pendiri Negara RCC

6.2 Mao Zedong | Buliran.com

Negara Republik Rakyat China (RRC) saat ini tak bisa dilepaskan dari peran filosof Mao Zedong. Tokoh yang meninggal pada tahun 1976 ini dikenal karena telah membantai sekitar 50 juta jiwa selama ia berkuasa.

Ketika ia menjadi presiden di pertengahan 1950 an, Mao menangkap 700 ribu kaum intelektual serta memaksa mereka untuk kerja paksa didaerah pedesaan sebagai aksi balas dendam sang pemimpin yang merasa dikhianati.

Salah satu program politiknya, “Lompatan Jauh ke Depan” yang dilancarkannya tahun 1958 untuk menyontek model ekonomi Uni Sovyet menewaskan hingga 45 juta orang. Mao Zedong dianggap sebagai pemimpin negara terkejam yang pernah menjabat di RRC.

3. Idi Amin, Pemimpin Militer Uganda

6.3 Idi Amin | Buliran.com

Jendral Idi Amin Dada Ome memimpin Uganda sejak 1971 hingga 13 April 1979. Pada saat ia berkuasa ditandai dengan pelanggaran hak asasi manusa, penindasan politik, penganiayaan etnik dan pembunuhan pengadilan ekstra.

Diperkirakan jumlah orang yang tewas akibat rezimnya sekitar 500 ribu orang, ia juga dikenal dengan julukan “Jagal Uganda.”

Pada 4 Agustus 1972, Idi Amin mengeluarkan dekrit yang memerintahkan semua orang Asia berwarga negara Inggris yang saat itu berjumlah 60 ribu jiwa untuk angkat kaki dari Uganda dengan alasan demi memberikan kemerdekaan yang sesungguhnya bagi rakyat Uganda. Bahkan orang asing yang telah menjadi warga negara Uganda.

Baca Juga   Luas Maksimal, Penduduk Minimal : Ini 5 Kota Paling Sepi di Indonesia