Awas, Alkohol Mempercepat Penuaan Otak

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Otak | Buliran.com

TIDAK sedikit misinformasi yang tersebar dengan menggambarkan alkohol bisa bermanfaat bagi jantung, ginjal, dan lainnya. Tetapi sebuah studi baru telah mengungkapkan bahwa alkohol justru dapat merusak organ, termasuk otak.

Studi ini dipublikasikan dalam jurnal ‘Nature Communications’. Penelitian menggunakan dataset lebih dari 36.000 orang dewasa. Studi mengungkapkan bahwa minum satu hingga dua gelas sehari dikaitkan dengan perubahan otak yang lebih cepat tua. Perubahan otak terjadi setara dengan penuaan dua tahun.

Minum lebih banyak dikaitkan dengan jumlah kerusakan yang lebih besar. Orang yang minum alkohol lebih banyak memiliki perubahan dalam struktur dan ukuran otak yang berhubungan dengan gangguan kognitif.

Studi tersebut mengatakan bahwa konsumsi alkohol bahkan pada tingkat yang sederhana, seperti beberapa gelas bir atau gelas anggur sepekan, dapat membawa risiko ke otak

“Fakta bahwa kami memiliki ukuran sampel yang besar memungkinkan kami menemukan pola yang halus, bahkan antara minum setara dengan setengah bir dan satu bir sehari,” kata Gideon Nave, penulis korespondensi pada studi dan anggota fakultas di Penn’s Wharton School, seperti dilansir dari Catch News, Minggu (6/3).

Menurut Kranzler dari Penn Center for Studies of Addiction, temuan ini kontras dengan pedoman ilmiah dan pemerintah tentang batas minum yang aman. National Institute on Alcohol Abuse and Alcoholism merekomendasikan wanita mengkonsumsi rata-rata tidak lebih dari satu minuman per hari. Batas yang direkomendasikan untuk pria adalah dua kali lipat.

Baca Juga   Gawat, Dari 279 Kg Ganja yang Diungkap Polres Jakbar, 150 Kg Pesanan Napi