Deretan Jet Tempur Canggih di Dunia

1. jet | Buliran.com

TIDAK DAPAT dipungkiri bahwa Angkatan Udara menjadi sebuah bagian penting untuk sebuah negara. Superioritas teknolog imiliter udara bisa memberikan perlindungan dan keamanan bagi pasukan di darat.

Lebih penting lagi, jet tempur adalah suatu keharusan bagi setiap negara yang ingin menjaga kedaulatan wilayah udaranya dan mengamankan posisi mereka.

Oleh karena itu, berikut ini adalah daftar 10 jet tempur paling canggih di tahun 2020, seperti melansir aeorotime :

10. Dassault Rafale

6.10...Dassault Rafale | Buliran.com

Jet tempur yang dikembangkan oleh perusahaan Prancis, Dassault, adalah sebuah tempur multi peran yang bisa mencegah dan melawan pesawat lain. Selain itu pun, jet tempur ini mampu menyerang di darat dan juga permukaan laut. Rafale sendiri merupakan jet yang cocok untuk digunakan dalam misi mata-mata, bahkan pesawat tempur ini pun mampu membawa nuklir sekalipun.

Jet tempur ini sekarang tidak hanya dipakai oleh Prancis, tapi Mesir dan Qatar juga memiliki Rafale di Angkatan Udara mereka. Uni Emirat Arab dan Yunani pun juga ternyata membeli jet tempur ini.

9. McDonnell Douglas F-15 Eagle

6.9 McDonnell Douglas F 15 Eagle | Buliran.com

Pesawat satu ini adalah jet tempur yang berhasil di beli oleh Prabowo dari Amerika. Dikembangkan oleh McDonnell Douglas dan kemudian oleh Boeing, F-15 pun sampai saat ini masih diproduksi. Walaupun jet tempur ini sudah hadir dari 35 tahun lalu, tetapi f-15 masih dianggap sebagai pesawat tempur yang sangat mumpuni di udara. F-15 sendiri sekarang di operasikan oleh 4 negara:Israel, Jepang, , dan .

Varian terbaru dari F-15 Eagle sendiri disebut F-15EX. Amerika Serikat sendiri mengembangkan varian f-15 terbarunya dengan menambahkanelemen fitur jet tempur generasi kelima untuk pertahanan wilayah udaranya. F-15EX sendiri mampu membawa hingga 22 rudal udara-ke-udara dan memiliki peralatan perang elektronik terbaru.

8. JF-17 Thunder

6.8 JF 17 Thunder | Buliran.com

JF-17 Thunder atau FC-1 Xiaolong adalah sebuah jet tempur multiperan. Dikembangkan oleh operasi gabungan antara China dan Pakistan, jet tempurini memberikan Angkatan Udara Pakistan alternatif yang murah dan modern untuk menggantikan armada udara lamanya.

Oleh karena itu, armada jet tempur JF-17 Thunder sendiri akan jadi tulang punggung dari PAF (Angkatan Udara Pakistan).

7. HAL Tejas Fighter Jet

6.7 HAL Tejas Fighter Jet | Buliran.com

HAL Tejas adalah jet tempur India yang menggantikan MiG-21. Armada jet tempur ini sendiri sudah digunakan oleh Angkatan Udara India sejaktahun 1964.

Berbagai pilot sudah memuji HAL Tejas karena kemampuan manuvernya yang tinggi. Produksi jet tempur generasi empat yang merupakanmodel terbarunya baru saja mulai produksi. Program tersebut pun harus melalui cukup perjuangan untuk mendapatkan izin operasional.

Hal Tejas sendiri adalah sebuah jet tempur yang memiliki sayap yang sangat ringan dan memberikan kemampuan kepadapilotnya untuk mengontrolnya selama melakukan manuver tajam.

6. Eurofighter Typhoon

6.6 Eurofighter Typhoon | Buliran.com

Dari semua jet tempur yang ada di daftar, kisah dari Typhoon sendiri mungkin paling menarik. Operasi gabungan Airbus, BAE Systems dan Leonardo mengembangkan Typhoon.

Setelah pengembangan dimulai pada tahun 1983, uji terbang resmi pertama kali dilakukan pada tahun 1994. Typhoon sendiri pun sempat terganggu oleh penundaan.

Setelah runtuhnya Tembok Berlin dan pergantian pemerintahan di Jerman, Kanselir Jerman saat itu berjanji untuk membatalkan proyek tersebut, walaupunpada akhrinya proyek tersebut akhirnya masih dipertahankan.

Jet tempur ini pun sekarang melayani sembilan negara, termasuk Jerman, Inggris Raya, Qatar, Kuwait, dan Italia.

5. Lockheed Martin F-22 Raptor

6.5 Lockheed Martin F 22 Raptor | Buliran.com

Jet tempur generasi kelima pertama di dunia, F-22 Raptor mulai beroperasi pada tahun 2005. Tetapi pada tahun 2011, pemerintah Amerika Serikatsempat membatalkan produksi Raptor ini.

Meskipun jet tempur ini merupakan salah satu armada terpenting untuk USAF (Angkatan Udara Amerika Serikat), meningkatanyabiaya pemeliharaan ditambah dengan mulai berkurangnnya misi-misi udara, menjadi alasan berhentinya produksi pesawat tempur ini.

Meskipun begitu, F-22 adalah sebuah pionir jet tempur yang mampu menggabungkan supercruise, kemampuan manuver super, silumandan fusi sensor. Jet tempur ini juga dikabarkan sebagai peswat siluman terbaik yang pernah ada. Raptor ini jauh lebih susah dilacakdi radar karena konstruksi khususnya.

4. Mitsubishi X-2 Shinshin

6.4 Mitsubishi X 2 Shinshin | Buliran.com

Meskipun Shinshin bukanlah sebuah jet tempur, tetapi Jepang menggunakan X-2 sebagai uji coba untuk jet tempur lainnya. Latar belakang dari jet ini adalah bahwa Jepang sedang mencari untuk mengganti armada pesawat tempurnya saat ini.

Pemerintah Jepang pun dikabarkan telah menghubungi Amerika untuk kemungkinan membeli F-22 Raptor, tetapi Kongres AS menolak kemungkinan itu. Alasannya adalah untuk melindungi rahasia armada militernya.

3. Shenyang FC-31

6.3 Shenyang FC 31 | Buliran.com

FC-31 atau J-31 adalah jet tempur generasi kelima kedua yang akan diperkenalkan ke Angkatan Udara China. Meskipun dikabarkan sedikit kurang canggih jika dibandingkan dengan Chengdu J-20, FC-31 masih menjadi jet tempur yang mumpuni. Sampai saat ini pun, spesifikasi darijet tempur ini masih belum jelas bagi siapa pun yang berada di luar .

Shenyang FC-31 pun dikabarkan merupakan jet tempur yang jauh lebih ringan dan lebih gesit daripada Chengdu J-20. Di masa mendatang nanti, jet tempur ini dapat digunakan pada China dan nantinya mereka akan mencoba menjualnya ke negara lain juga.

2. Chengdu J-20

6.2 Chengdu J 20 | Buliran.com

Chengdu J-20 merupakan jet tempur terbaik di Tiongkok. Chengdu Aerospace Corporation memperkenalkan J-20 pada 2017 lalu.Setelah lebih dari 20 tahun pengembangan, pesawata tempur ini terbang pertama kali pada tahun 2011 lalu.

Sejak penerbangan perdananya, pesawat tempur ini telah melalui beberapa perubahan desain, diantaranya adalah asupan baru, lapisan siluman baru, dan desain baru stabilisator vertikal.

1. Lockheed Martin F-35 Lightning II

6. 10 Lockheed Martin F 35 Lightning II | Buliran.com

Angkatan Udara Amerika Serikat memperkenalkan jet tempur terbarunya tersebut pada tahun 2015. F-35 memiliki tiga varian utama, dengan perbedaan dalam kemampuan pendaratannya.

F-35A adalah varian dasar, dan jet tempur konvensional. F-35B adalah pesawat lepas landas pendek dan pendaratan vertikal, yang dapat melayang di udara berkat mesin putar khusus. F-35C adalah varian kapal induk yang dirancang untuk menggantikan pesawat tempur F / -18.

Pemerintah AS sendiri dikabarkan menghabiskan lebih dari USD 1000 triliun untuk produksi jet temput ini. Lockheed (perusahaan arial dan pertahanan) memproyeksikan USAF akan memanfaatkan jet tempur tersebut hingga tahun 2070.

Meskipun F-35 mendapat , tentu tidak dapat disangkal bahwa jet tempur ini adalah armada udara paling canggih yang masih mengudarasampai saat ini. ***