Belum Dewasa Secara Emosional? Berikut Ciri-cirinya

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Dewasa | Buliran.com

6. Takut berkomitmet

Takut berkomitmet juga menjadi salah satu tanda-tanda yang dapat menunjukkan seseorang belum dewasa secara emosional. Bagi mereka, membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan komitmen adalah hal yang menakutkan. Misalnya saja seperti pernikahan. Mereka akan menghindari merencanakan masa depan bersama pasangan karena takut membatasi kebebasan mereka.

7. Berkata dan berbuat tanpa memikirkan akibatnya

Rata-rata orang yang memiliki pemikiran dewasa akan dapat mengontrol perkataan dan perbuatannya agar tidak menyakiti hati orang lain. Namun berbeda dengan mereka yang belum dewasa secara emosional. Mereka kalau bicara atau berbuat seringkali tidak memikirkan akibat dari apa yang dilakukannya. Misalnya saja berbicara dengan kasar kepada seseorang ketika sedang marah tanpa memikirkan perasaan orang tersebut.

8. Sulit mengontrol emosi

Orang-orang yang belum dewasa secara emosional ini juga sangat sulit untuk mengontrol emosi mereka. Mereka jadi gampang panik, gampang marah dengan emosi yang meledak-ledak tanpa mampu meredamnya. Mereka cenderung melampiaskan kemarahan mereka ke orang sekitar ataupun kebenda-benda yang ada disekitarnya. Perilaku seperti ini umumnya ditemukan pada anak-anak yang tantrum.

9. Haus perhatian

Nggak hanya anak-anak saja yang haus perhatian orang tua, namun mereka yang dewasa dari segi usia namun belum dewasa secara emosional juga kerap kali berburu perhatian. Mereka akan berusaha untuk menarik fokus orang lain agar memperhatikan mereka. Bisa saja dengan menggunakan pakaian yang tidak pas ditubuhnya, bahkan melalui tindakan-tindakan yang negatif, seperti melemparkan joke yang menjatuhkan orang lain untuk menarik perhatian orang lain.

Baca Juga   Mengenal COVID-19 Varian Delta yang Mudah Menular