Belum Dewasa Secara Emosional? Berikut Ciri-cirinya

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Dewasa | Buliran.com

3. Tidak bertanggung jawab

Orang yang sudah dewasa tentu bisa bertanggung jawab dengan keputusannya. Namun mereka yang belum dewasa secara emosional, bukan hanya tidak mengakui kesalahan, tapi mereka juga cenderung tidak mau bertanggung jawab dengan apa yang telah mereka perbuat. Bahkan ketika hal tersebut terbukti merupakan kesalahannya, mereka akan cenderung melarikan diri dari tanggung jawab dan mengelak jika itu kesalahannya. Contohnya saja dia melakukan kesalahan dalam perkerjaan, bukannya bertanggung jawab untuk memperbaiki kesalahan yang telah diperbuat, dia justru memilih mengundurkan diri dari perusahaan.

4. Sering melarikan diri dari masalah

Orang yang belum dewasa secara emosional juga sering membiarkan masalah menjadi berlarut-larut. Mereka tidak pernah memiliki niatan untuk mencari solusi untuk mengatasi masalah tersebut, mereka lebih suka melarikan diri dari masalah. Mereka sering kali menunda atau menghindari percakapan sulit karena mereka tidak dapat memahami perasaan sendiri atau merasa masalah tersebut sulit dihadapi. Hal ini kerap kali membentuk sebuah kesalahpahaman.

5. Senang mengontrol orang

Ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional berikutnya adalah senang mengontrol orang. Sikap suka mengontrol ini kerap ditunjukkan dengan selalu ingin tahu tentang urusan orang lain. Mereka selalun ingin tahu tentang segala hal yang terjadi disekitarnya. Saat tidak diberitahu, orang-orang yang belum dewasa secara emosional ini akan mengomel atau membuat masalah. Padahal, tidak semua hal harus diketahui. Bahkan jikapun mereka mengetahui masalah yang ada di sekitar, mereka tidak akan ingin ikut campur untuk mengatasinya.

Baca Juga   Lebih Dekat dengan Bipolar