Belum Dewasa Secara Emosional? Berikut Ciri-cirinya

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Dewasa | Buliran.com

SIAPA NIH yang sering heran melihat ada orang tua yang masih bertingkah seperti remaja labil? Nggak ada kesan bijaksana sedikitpun meski usianya sudah tak bisa dikatakan muda. Masih suka marah-marah, berperilaku impulsif bahkan haus perhatian. Jika seseorang menunjukkan sikap seperti itu walau usianya sudah dewasa, bisa jadi orang tersebut belum dewasa secara emosional.

Ya, kini kita tidak bisa mengaitkan kedewasaan seseorang dengan usia mereka. Orang yang sudah berumur pun belum tentu dewasa secara pemikiran dan emosional. Tidak sedikit orang yang secara usia dan penampilan terlihat dewasa ternyata kerap berprilaku seperti anak-anak. Mereka cenderung tidak bisa bertanggung jawab dan mengontrol emosi mereka, kerap berperilaku impulsif, haus perhatian, hingga tidak mau mengakui kesalahan.

Untuk itu, berikut ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional yang wajib kita ketahui!

1. Sering self-centered

Ciri-ciri orang yang belum dewasa secara emosional adalah sering self-centered. Self-centered sendiri artinya sikap yang hanya berpusat pada diri sendiri sehingga tidak mau menerima pandangan atau penilaian dari orang lain. Ketika ada sikapnya yang salah, dia akan menolak nasehat dari orang lain yang berniat baik. Intinya orang yang belum dewasa secara emosional tidak akan mau mendengar atau menerima penilaian dari orang lain mengenai dirinya.

2. Tidak mengakui kesalahan

Orang-orang yang belum dewasa secara emosional juga kerap tidak mau mengakui kesalahan yang telah diperbuat. Alih-alih bersikap bijaksana dan mengakui kesalahan, mereka justru akan menyalahkan orang lain atau keadaan ketika mereka berbuat salah. Misalnya saja dia lupa membawa flashdisk yang berisi data penting, bukannya meminta maaf dan akan mencarinya segera, dia justru menyalahkan orang lain karena tidak mengingatkannya.

Baca Juga   Hati-Hati, Ada Bahaya Mengancam Kala Mencabut Uban