Perut Kosong? Jangan Ngopi Bro !

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Ngopi | Buliran.com

BANYAK orang yang terbiasa memulai hari dengan menyeruput secangkir kopi. Ada yang terbiasa meminum kopi sambil menyantap menu sarapan yang seimbang. Namun ada pula yang sering meminum kopi sebelum sarapan atau dalam kondisi perut kosong.

“Saat pertama bangun tidur, kita dalam keadaan kosong karena tidak menyantap atau meminum apa pun dalam periode yang panjang,” jelas perawat terdaftar Jenny Branco RN BSN IHP, seperti dilansir SheFinds.

Ketika pada keadaan kosong ini seseorang memilih minum kopi, metabolisme tubuh akan meningkat. Selain itu, tubuh akan membutuhkan lebih banyak sumber energi untuk menunjang peningkatan metabolisme tersebut.

Sekilas, peningkatan metabolisme ketika perut kosong ini tampak seperti hal yang baik untuk membakar lemak. Akan tetapi, kondisi ini sebenarnya bisa membahayakan sistem saraf, memicu lonjakan energi yang membuat kewalahan tanpa adanya makanan.

“Tanpa sumber energi yang baik, tubuh akan memasuki mode fight or flight dan mengaktifkan sistem saraf simpatik,” ungkap Branco.

Setelah itu, sistem endokrin yang berperan dalam mengatur hormon, akan menginisiasi mekanisme bertahan diri. Mekanisme ini berupa peningkatan homron krotisol yang menyebabkan ketidakseimbangan kadar gula darah.

“Dan memberikan efek serius (mengurangi efektivitas) pada kesehatan metabolisme jangka panjang,” ujar Branco.

Di samping itu, meminum kopi ketika perut kosong dapat memicu perasaan gelisah. Kondisi ini akan membuat seseorang kesulitan untuk fokus sepanjang hari.

Baca Juga   Ayo Atasi Asam Lambung Tanpa Obat