Waspada! 11 Kota Ini Terancam Tenggelam pada 2100

Avatar Of Teddy Chaniago
4. Monas | Buliran.com

SEBANYAK 11 kota besar di dunia masuk ke dalam kota yang terancam tenggelam pada 2100 mendatang. Lembaga internasional World Economic Forum melansir temuan kota terancam tenggelam ini pada awal September 2019 lalu.

Kota yang terancam tenggelam di dunia ini tersebar di sejumlah benua, kebanyakan memang berada di tepi pantai. Kebetulan, kota besar terancam tenggelam ini juga memiliki penduduk yang banyak dan masalah lingkungan hidup.

Jakarta merupakan salah satu kota di dunia yang terancam tenggelam paling cepat, apalagi kota ini berada di kawasan rawa dengan belasan aliran sungai.

Situs berita asal Inggris, BBC pernah melansir bahwa 95 persen Jakarta Utara akan tenggelam pada 2050. Hal ini bisa berdampak kepada nasib 1,8 juta penduduk yang tinggal di kawasan pesisir Jakarta.

Sebenarnya, bukan hanya Jakarta yang masuk kota yang terancam tenggelam di Indonesia, kota Pekalongan terancam tenggelam. Begitu juga dengan daerah pesisir pantai, kepulauan, atau pulau-pulau kecil akibat naiknya naiknya permukaan air laut.

Perubahan iklim dan pemanasan global membuat es di Kutub Utara dan Kutub Selatan mencair sehingga permukaan air laut pun naik. Bayangkan, Jakarta telah mengalami penurunan tanah sedalam empat meter dalam 30 tahun terakhir.

Sementara, Jakarta Utara mengalami penurunan paling parah sebesar 2,5 meter dalam 10 tahun saja. Penurunan ini dua kali lipat dari rata-rata penurunan tanah secara global untuk kota-kota besar yang berada di tepi pantai.

Baca Juga   10 Juta Penduduk Indonesia Sulit Punya Rumah