Mengenal Sumber Daya Ukraina Timur yang Bikin Putin Ngiler

2. rusia | Buliran.com

, JAKARTA– Kedutaan Besar di Jakarta memaparkan kondisi kekayaan alam yang dimiliki wilayah Donbass dan Krimea di wilayah Timur. Hal ini disampaikan langsung dalam konferensi pers, Jumat (25/2).

untuk Indonesia Vasyl Hamianin menjelaskan bahwa wilayah yang saat ini diambil oleh milisi pro- itu memiliki kandungan batu bara yang cukup tinggi. Bahkan, wilayah ini merupakan tulang punggung batu bara lokal saat masih dalam penguasaan Ukraina.

“Akibat dari hal ini, kami harus mengimpor batu bara dari negara lain,” jelasnya sebagaimana dilansir oleh CNBC Indonesia.

Saat ini, ia menyebut bahwa batu bara itu sudah dalam kondisi rusak karena tidak dirawat oleh milisi pro-Rusia. Tambang-tambang itu saat ini mulai dibanjiri yang tidak pernah disedot keluar.

“Ini jelas juga akan menimbulkan resiko ekologis, utamanya terkait dengan persediaan air konsumsi masyarakat dan juga kondisi tanah di sekitar wilayah itu.”

Lebih lanjut, Hamianin juga menekankan bahwa Ukraina masih terus berusaha untuk mempertahankan wilayahnya dari serbuan tentara Rusia. Ia mengklaim Rusia sudah melakukan serangan terhadap warga sipil.

“Ini jelas-jelas merupakan terhadap kemanusiaan.”

Hingga saat ini masih terus berusaha menguasai aset militer strategis di sekitar ibukota Kyiv. Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menyebut ini merupakan langkah negara pimpinan Presiden Vladimir itu untuk menggulingkannya.

“Mereka ingin menghancurkan Ukraina secara dengan menghancurkan kepala negara. Kami memiliki informasi bahwa kelompok sabotase musuh telah memasuki Kyiv.” (*/tps)

Baca Juga   Gerilyawan Amerika Latin di Tengah Modernisasi