Nasi Kushari, Kuliner Berlimpah Rempah dari Jazirah Arab

Avatar Of Teddy Chaniago
9. Nasi | Buliran.com

NEGARA – negara di Jazirah Arab atau sering kita sebut  di Timur Tengah, terkenal dengan ragam olahan nasinya yang bermandikan rempah. Selain nasi mandhi, ternyata masih banyak olahan nasi lainnya.

Mesir merupakan salah satu kota yang penuh dengan sejarah peradaban dunia, lebih dari itu Mesir juga menawarkan keindahan wisata serta tradisi yang masih melekat kuat sampai sekarang.

Berbicara tentang tradisi, Mesir juga memiliki makanan tradisi yang sudah ada sejak abad ke-19, yakni Koshari. Makanan ini sudah melekat di hati masyarakat Mesir, dan bisa dikatakan Koshari sudah seperti Ikon bagi negara itu sendiri.

Namun menurut beberapa sumber hidangan tersebut berasal dari hidangan India dan Italia yang dimodifikasi pada abad ke-18. Dan nama ‘Koshari’ itu sendiri konon berasal dari nama makanan India, yakni ‘khichri’ yang berisi nasi dan lentil. Tetapi meskipun demikian, Koshari memiliki cita rasa yang berbeda dari keduanya. Koshari juga telah menjadi makanan nasional bangsa Mesir sejak masa itu.

Apa Itu Kushari?

Mungkin kita sudah sering memakan pasta berupa makaroni, fussili, dan lainnya. Akan tetapi, pernahkah kita memakan makaroni yang dicampur nasi dan lentil? Jika belum, nah, tidak ada salahnya kita mencoba mencicipi lezatnya Koshari!

Koshari atau dengan nama lain Kushari, Kusheri, Kusyari adalah makanan unik yang terbuat dari nasi, makaroni, lentil coklat dan pasta yang dicampur secara bersamaan, biasanya pasta yang digunakan pun cukup bervariasi, ada yang menggunakan makaroni, spagetti, pipe rigate, ataupun rigatoni. Tak lupa dibagian atasnya terdapat saus tomat-cuka yang akan menambah cita rasa hidangan menjadi sedikit pedas dan asam, juga taburan bawang goreng renyah dan kacang chikpeas.

Baca Juga   Sensasi Beda, Udang Selingkuh Beragam Rasa dari Sorong