Cara Mendempul Mobil yang Benar

7. Cara Dempul Mobil | Buliran.com

MENDEMPUL adalah kegiatan memperbaiki bodi dengan cara memoles ulang lapisan kerangkanya. Cara harus dilakukan oleh pihak profesional, untuk menghindari kesalahan dan mendapat hasil maksimal. Namun jika Anda ingin melakukannya , maka perlu memperhatikan beberapa hal.

sering dilakukan untuk mobil yang penyok akibat , atau sekedar memperbaiki lapisan body yang sudah jelek atau terkelupas.

Di bawah ini akan dijelaskan kepada Anda jenis-jenis dempul mobil di pasaran serta bagaimana cara melakukan dempul mobil yang benar.

Jenis-Jenis Dempul

Sebelum melakukan pendempulan ulang, alangkah baiknya Anda mengenali beberapa jenis dempul yang biasa digunakan. Dalam hal ini, terdapat 3 macam dempul, yaitu dempul plamir, dempul plastik, dan dempul buatan. Jika masih bingung membedakannya, simak perbedaan ketiga jenis dempul tersebut di bawah ini.

1. Dempul Epoxy Putty Atau Dempul Plamir

Jenis dempul yang pertama yaitu dempul plamir atau disebut dempul epoxy putty. Dempul plamir tahan terhadap karat dan daya rekatnya baik, namun pengeringannya lebih lama.

Bahan utama dempul plamir antara lain amine dan epoxy resin. Penggunaannya biasa dicampur dengan tiner.

2.Dempul Polyester Putty Atau Dempul Plastik

Jenis dempul yang kedua yaitu dempul plastik atau dempul polyester putty. Daya kering dempul plastik lebih cepat. Penggunaannya bisa mencampurkan bahan plastik dengan pasta untuk pengeras (hardener). Gunakan sesuai kebutuhan takaran dan hasilnya akan keras setelah mengering.

3.Dempul Lacquer Putty Atau Dempul Buatan

Jenis yang terakhir adalah dempul buatan atau dempul lacquer putty. Dempul ini merupakan campuran antara lapisan dasar dan bedak talk. Bahan utamanya adalah acrylic resin dan nitrocellulose. Dempul buatan ini bisa diaplikasikan tipis-tipis di bagian mobil yang tergores.

Baca Juga   Jangan Parno, Ini 9 Tips Mengatasi Rasa Cemas Berlebihan Selama Pandemi

Persiapan Sebelum Proses Pendempulan

Setelah mengenali ketiga jenis dempul mobil di atas, maka Anda bisa memilih dan mulai mempersiapkan alat serta bahan yang dibutuhkan.

Perlu diperhatikan, sebaiknya melakukan proses pendempulan di tempat terbuka yang cukup luas.

Peralatan yang dibutuhkan antara lain adalah , penutup muka, lap atau kain, kertas amplas besi, batang pengaduk, sarung tangan, dan beberapa wadah.

Sedangkan bahan yang digunakan yaitu tiner, cat dasar, hardener atau pengeras dempul yang biasanya sepaket dengan dempul.

Jika semua alat dan bahan di atas sudah disiapkan, langkah selanjutnya, siapkan body part fiber dan kertas amplas halus.

Bersihkan permukaan bodi mobil yang akan didempul hingga bersih. Gunakan kain basah dan kering agar seluruh kotoran bisa hilang.

Tahap berikutnya adalah menyiapkan takaran dempul dan hardener yang akan digunakan. Tuangkan dempul dan hardener sesuai kebutuhan, dan aduk merata dalam wadah.

Setelah adonan jadi, segera lakukan pendempulan, karena adonan tersebut tidak boleh terkena angin terlalu lama.

yang Benar

Setelah menyiapkan semua hal yang dibutuhkan, selanjutnya Anda bisa memulai proses pendempulan.

Cara dempul mobil meliputi beberapa tahapan. Untuk langkah-langkah lebih jelasnya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Bersihkan Media Yang Akan Didempul
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bersihkan dulu mobil dan bagian yang akan di dempul dengan amplas halus.

Pembersihan ini bertujuan agar dempul dapat menempel kuat dan tahan lama. Setelah itu, bersihkan kembali bagian-bagian yang akan didempul.

Mengecek Bagian Yang Didempul

Pada bagian mobil yang akan didempul, lakukan pembersihan hingga rata. Apabila terdapat lekukan seperti peyok, Anda dapat meratakan permukaannya dengan paku khusus yang biasa digunakan mekanik yaitu paku dolly dan hammer.

Baca Juga   Ponsel Anda Lemot? Ini Cara untuk Mempercepatnya

Biasanya, para mekanik menggunakan kertas domino untuk mendempul bagian-bagian mobil yang tidak dapat dijangkau. Kertas domino berukuran kecil dan tebal sehingga bisa meratakan adonan dempul dengan baik.

Beri Bagian Tersebut Dengan Pengeras Dempul

Langkah berikutnya adalah melapisi bagian tersebut dengan pengeras dempul atau hardener. Obat dempul ini bisa dicampur dengan dempul secukupnya, di mana Anda sudah membuat adonan saat tahap persiapan.

Jangan gunakan hardener terlalu banyak agar dempul cepat mengering. Saat dempul sudah dicampur dengan hardener, maka larutan tersebut biasanya akan berubah warna dan harus segera diaplikasikan ke bodi mobil.

Tempelkan Dempul Menggunakan Scrap

Cara mendempul mobil selanjutnya yaitu menempelkan dempul menggunakan scrap agar pendempulannya bisa merata.

Untuk bagian-bagian yang sulit terjangkau, Anda bisa menggunakan kertas tebal ukuran kecil. Anda juga bisa memakai alat jidar agar lebih maksimal.

Sedangkan pada bagian lekukan, gunakan bantuan gergaji untuk menarik dempul. Namun, jangan menggunakan area giginya agar tidak merusak bodi mobil. Selain itu, dempul juga akan hancur. Bagian lekukan yang di dempul dapat ditarik dengan bagian gergaji yang lurus atau bagian atasnya.

Lakukan proses dempul secara bertahap agar hasilnya dapat maksimal. Tunggu setiap dempul mengering dulu, lalu ulangi kembali beberapa kali hingga dempul yang diberikan pada bodi mobil terlihat sempurna.

Sebenarnya, proses pendempulan pada mobil hampir sama dengan proses plamir pada dinding sebelum dilakukan pengecatan. Jika Anda mengetahui teknik yang benar, maka prosesnya akan lancar dan hasilnya akan bagus.

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Mendempul Mobil

Selain melakukan langkah yang benar, pastikan Anda memperhatikan beberapa detail lain yang tidak kalah penting. Di antaranya, jangan mendempul terlalu tebal atau sering melakukan dempul.

Baca Juga   Kesehatan Mental Jadi Persoalan Kala Pandemi, Berikut Kiat Mengatasinya

Hal itu akan berefek bahaya karena dempul bisa rentan mengalami keretakan. Apalagi jika komposisinya tidak sesuai, maka akan merusak tekstur dan warna yang akan dihasilkan.

Jika pendempulan mobil tidak dilakukan dengan benar, maka warnanya akan belang atau terlihat seperti berawan. Hasilnya tidak akan rata. Dengan begitu, hasil warnanya pun akan kurang bersinar jika dilihat dengan detail.

Pendempulan yang tidak bagus juga bisa mempengaruhi harga jual mobil jika Anda berniat menjualnya. Tentu saja penampilan mobil akan menjadi perhatian utama calon pembeli. Jika kurang menarik, tentu penawarannya juga akan rendah.

Pentingnya Melakukan Dempul Mobil

Pendempulan ulang pada mobil sangat bermanfaat untuk memperbaiki tampilan mobil. Hal ini bisa dilakukan saat bodi mobil rusak atau sekedar repaint atau memperindah saja. Mobil yang penyok akan diperbaiki hingga permukaannya kembali rata, lalu di , dicat, dan dipernis. ***