Nasi Mandhi, Makanan Kaya Rempah Khas Timur Tengah

Avatar Of Teddy Chaniago
9.1 Nasi | Buliran.com

BAGI KALIAN yang memang menyukai sajian kuliner Timur Tengah tentu sudah tak asing dengan menu satu ini. Nasi Mandhi atau Mandhi Rice adalah hidangan khas dari kawasan Timur Tengah, tepatnya Hadramaut, Yaman.

Hidangan ini berupa nasi berbumbu rempah yang disajikan dengan daging kambing atau ayam. Selain rasa rempah yang kentara, lembut dan empuknya daging pun jadi ciri khas sajian ini.

Bagi Anda yang ingin menikmati Nasi Mandhi di Indonesia tentu tak perlu khawatir. Meski makanan ini asalnya dari Timur Tengah, hidangan Nasi Mandhi sebenarnya sudah banyak dijual di Indonesia. Anda bisa menemukan hidangan ini di restoran-restoran Arab yang menyajikan aneka makanan Timur Tengah.

Bahkan, Nasi Mandhi yang ada di Indonesia juga sangat mirip dengan Nasi Mandhi yang ada di Timur Tengah. Kebanyakan restoran di Indonesia juga menggunakan beras impor jenis Basmati dari India. Beras Basmati ini memiliki bentuk lebih panjang dan pera, berbeda dengan beras asli Indonesia yang umumnya lebih pendek dan agak bulat.

Selain jenis nasinya, hal yang unik dari hidangan Nasi Mandhi khas Timur Tengah ini adalah jenis rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu. Ada berbagai rempah yang membuat aroma dan rasa dari Nasi Mandhi ini begitu kuat.

Salah satunya adalah penggunaaan minyak zafaron yang aromanya sangat khas dalam hidangan Nasi Mandhi. Minyak zafaron ini tidak hanya memberikan aroma khusus, tetapi juga menambah warna kuning yang menggugah selera. Selain itu, kunyit juga digunakan di dalam hidangan ini sebagai pewarna alami.

Baca Juga   Hehancang Tehung, Sensasi Pedas Kuliner Rumahan