Nasi Briyani, Khasnya Kuliner India

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Nasi | Buliran.com

NASI BRIYANI atau biriani, beriani, atau biryani merupakan hidangan masakan berupa nasi (biasanya dari beras basmati). Nasi ini dimasak dengan ditambah rempah-rempah, sayuran atau daging (ayam, kambing, ikan, udang atau sapi). Nasi briyani ini juga memiliki sejarah.

Makanan lezat ini berasar dari Asia Selatan, tepatnya (India dan Pakistan. Di Indonesia dan Malaysia, hidangan ini juga disebut dengan tambahan kata nasi (nasi biryani, nasi briyani, nasi briani, atau nasi beriani).

Nama masakan ini berasal dari Bahasa Persia, beryā(n) yang berarti goreng atau panggang. Zaman dahulu, beras digoreng di dalam minyak samin direbus dalam air bersama rempah-rempah hingga setengah matang.

Pedagang dan pelancong dari bangsa Persia memperkenalkan cara memasak briya kepada orang India dan Pakistan. Hidangan ini bukan hanya populer di India dan Pakistan, melainkan juga di Irak, Iran, Afganistan, Bangladesh, dan kalangan penduduk muslim Sri Lanka.

Diketahui bahwa nasi briyani telah ada sejak abad ke-18 dan ke-19. Menurut sejarah yang dicatat, hidangan ini merupakan hasil kreasi Mumtaz Mahal, istri dari Shah Jahan, raja ke-5 dari Dinasti Mogul di India.

Mumtaz sangat senang dengan dunia memasak, saking senangnya, konon Mumtaz lah yang pertama kali membuat briyani. Briyani sendiri, kisahnya bermula pada masa Mughal memerintah kawasan Lucknow atau yang dulu disebut dengan Awadh.

Baca Juga   Rendang Ayam, Amboi Nikmatnya