Pacu Performa Laptop Kalian dengan Penambahan RAM. Begini Caranya

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Memori | Buliran.com

MASALAH paling menyebalkan yang ada di laptop adalah menjadi lemot atau lambat. Ini bisa terjadi ketika membuka software atau ketika sedang mengerjakan sesuatu. Ada banyak masalah yang menyebabkan hal ini.

Mulai dari virus, VGA yang tidak memadai, software yang terlalu berat hingga permasalahan-permasalahan yang lain. Namun satu hal yang paling umum menjadi penyebab kelemotan tersebut adalah masalah memori random access memory (RAM).

Problem RAM ini seringnya dikarenakan jumlahnya yang terlalu kecil. Ketika RAM suatu laptop kecil, itu membuat kamu hanya bisa membuka beberapa aplikasi saja secara bersamaan, membuatmu tidak multi-tasking.

Maka solusi yang bisa kamu lakukan di sini adalah menambah RAM itu. Berikut ini beberapa cara menambah RAM laptop agar performa laptopmu makin cepat.

1. Pastikan ada slot untuk menambahkan RAM

Sebelum kamu membeli RAM fisik, ada baiknya kamu mengecek terlebih dahulu slot RAM-nya. Caranya adalah dengan membuka bagian bawah laptop. Seringnya akan ada satu slot kosong RAM yang bisa digunakan untuk menambah RAM.

Akan tetapi, tidak jarang juga slotnya hanya satu dan telah diisi RAM. Jika sudah seperti in, pilihanmu adalah mengganti RAM itu dengan kapasitas yang lebih besar, bukan menambahkannya.

2. Pastikan slot RAM tidak disolder permanen

Skenario terburuk yang bisa kamu dapatkan dari laptopmu adalah kamu hanya punya satu slot RAM dan itu pun disolder. Mengapa disolder?

Baca Juga   Ayo Biasakan Hapus Jejak Digital Anda