Profil  

KH Ahmad Cholil Ridwan : Ulama Kharismatik Berdarah Betawi, Kader Tokoh Minang

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Cholil | Buliran.com

Saat ini, Cholil Ridwan juga bertindak selaku Ketua Pembina Yayasan kesejahteraan Pemuda Pelajar Islam Indonesia (KB PII) periode 2011 – 2014. Sebelumnya pernah aktif menjadi wakil ketua umum KB PII di periode Ryas Rasjid.

Sebagai pemimpin ummat, Cholil Ridwan mampu berada di posisi yang tepat. Selain fatwanya ditunggu oleh ummat Islam demi kemajuan agama tersebut, nasehatnya pun ditunggu para pengambil kebijakan di republik ini untuk membawa Indonesia ke posisi yang lebih baik.

Terkait umat Islam sekarang ini, Cholil Ridwan melihat ummat dihadapkan pada tantangan pada tantangan yang tidak ringan. Untuk itu, Kyai Cholil menyerukan semuanya untuk merapatkan barisan dan bersatu.

Terpenting kata dia, semua kelompok ummat Islam harus rujuk. Kongkritnya, bisa dimulai dengan kembalinya umat Islam ke masjid, tidak hanya ritual ibadah yang bersifat ubudiah, tapi juga bermuamalah untuk segala sektor kehidupan, baik ekonomi, politik, pendidikan, seni maupun budaya.

Kekalahan umat Islam selama ini, menurutnya dikarenakan, tidak bersatu dan menjauh dari masjid. Kuncinya adalah satu imamah dalam satu jamaah. Untuk itu diperlukan majelis syuro yang memayungi semua partai Islam dan kelompok Islam.

“Sangat disayangkan, sudah jelas kalah, tapi tidak mau bersatu. Terpenting, harus ada payungnya dari tokoh-tokoh yang punya pengaruhi secara nasional,” ujarnya.

Kegagalan sejarah dengan dicabutnya tujuh kata Piagam Jakarta, adalah karena kegagalan siasah politik ummat Islam. Kekalahan itu tidak boleh diulangi. Dulu umat Islam bersatu untuk membuat rumusan UUD, lalu kalah.

Baca Juga   Berharap Jadi Tentara, Nyasar ke Parlemen