Profil  

KH Ahmad Cholil Ridwan : Ulama Kharismatik Berdarah Betawi, Kader Tokoh Minang

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Cholil | Buliran.com

Selama menempuh pendidikan keagamaan secara formal, Cholil Ridwan sudah sangat akrab dengan berbagai organisasi. Tercatat ketika masih berstatus santri di Darussalam Gontor, Ridwan bertindak selaku Pengurus Besar Pelajar Islam Indonesia (PII) selama 3 tahun (1967 – 1970). Dan ketika kembali ‘nyantri’ di salah satu kota suci umat Islam tersebut, Cholil Ridwan juga tercatat pernah menjadi Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Saudi Arabia.

Usai menamatkan pendidikan keagamaan secara formal, Ridwan kembali ke tanah airnya dan memulai karir di bidang religi dengan menjadi pimpinan umum atau pengasuh Pondok Pesantren Husnayain mulai tahun 1986.

Pengalaman keorganisasiannya, pengetahuan keagamaan disertai ketekunan dan ketulusan dalam membaktikan diri pada masyarakat, semua hal itu diaplikasikannya dalam membesarkan Ponpes Husnayain.

Tidak terbatas hanya para santri, masyarakat luas juga mengakui kemampuan Ridwan menata dan mengelola pondok pesantren. Tidak heran, jabatan Ketua Umum Badan Kerjasama Pondok Pesantren Seluruh Indonesia (BKsPPI) diamanahkan kepadanya selama 10 tahun (1990 – 2000).

Usai mengampu amanah yang diberikan tersebut, nama Cholil Ridwan semakin dikenal luas dan semakin dipercaya memegang berbagai jabatan puncak di bidang keagamaan. Tercatat Ridwan adalah Ketua Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia (DDII), jabatan yang diampunya dengan baik selama 2005 hingga 2010.

Puncak kepercayaan ummat terhadap Cholil Ridwan dinyatakan dengan amanah tertinggi di bidang organisasi keagamaan dengan dipilihnya pria yang juga dikenal sering berceramah ke luar negeri ini sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Baca Juga   Berharap Jadi Tentara, Nyasar ke Parlemen