Profil  

KH Ahmad Cholil Ridwan : Ulama Kharismatik Berdarah Betawi, Kader Tokoh Minang

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Cholil | Buliran.com

TAK ADA yang tak kenal KH Ahmad Cholil Ridwan Lc di persada Indonesia ini, seorang ulama kharismatik yang sangat menyejukkan. Meski tak suka gembar-gembor dan hiruk pikuk politik, namun fatwa nan nasehatnya selalu ditunggu banyak pihak. Tidak saja oleh mereka yang sejalan dan sealiran, namun juga oleh mereka yang dianggap berseberangan dengannya.

Tak dipungkiri, Pak Kyai, demikian pria kelahiran Jakarta pada 7 Mei 1947 biasa disapa, memang salah seorang pemuka agama terkemuka. Meskipun bersuku Betawi, namun dia adalah seorang penganut Masyumi tulen.

Cholil Ridwan adalah kader langsung dari M Natsir seorang tokoh pergerakan dan tokoh nasional pencetus NKRI asal Ranahminang. Bahkan, Pak Kyai pun tercatat sebagai murid setia dari seorang Buya Hamka. Cholil selalu hadir di setiap pengajian atau pengajian serta khotbah dari Sang Buya.

Jadi bisa dikatakan, meski di tubuhnya mengalir deras darah Betawi, namun darah idiologisnya justru datang dari ranah seberang yaitu Minangkabau. Sehingga seorang Cholil Ridwan memiliki tingkat pemahaman akan politik yang sangat mumpuni, begitupun dengan kedalaman ilmu agamanya, sehingga pantas dipanggil Kyai.

Pendidikan formalnya di tingkat dasar dijalaninya di pesantren paling terkenal di Indonesia yaitu Pondok modern Darussalam Gontor. Dari Bumi Jawa Timur, anak Betawi ini kemudian terbang jauh ke Universitas Islam Madinah di Arab Saudi untuk melanjutkan pendidikan agamanya.

Baca Juga   Berharap Jadi Tentara, Nyasar ke Parlemen