Romantisme Pulo Cinta di Bumi Gorontalo

Avatar Of Teddy Chaniago
10. Pulau | Buliran.com

PULAU CINTA atau Pulo Cinta Eco Resort merupakan salah satu pulau cantik yang dimiliki Indonesia, lokasinya berada di Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Pulau ini disebut-sebut memiliki keindahan layaknya Pulau Maldives, orang-orang biasa menyebutnya sebagai Maldives-nya Indonesia.

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, karena memang Pulau Cinta memiliki laut biru yang bening ditambah lagi resortnya dibentuk menyerupai lambang love.

Mungkin karena itulah alasannya mengapa pulau ini diberi nama Pulau Cinta, apalagi ditambah dengan suasana yang romantis dan menenangkan.

Sehingga banyak yang menjadikannya sebagai lokasi honeymoon yang romantis dan tak terlupakan dengan sajian pemandangan laut yang menakjubkan di setiap sisinya.

Sejarah Pulau Cinta Gorontalo

Pulau Cinta Gorontalo ini tak terlepas dari kisah sejarah di masa lalu, yakni sekitar masa penjajahan silam pulau ini merupakan rute perdagangan Belanda. Ketika dalam perjalanan menuju pulau yang dulunya kaya akan rempah-rempah in kamu akan menemukan sisa-sisa peninggalan sejarah tersebut.

Ada pula sebuah legenda yang mengatakan bahwa lokasi ini merupakan tempat pertemuan rahasia antara pangeran dari Gorontalo dengan putri saudagar yang berasal dari Belanda.

Mereka yang sedang berada di posisi berseberangan tersebut menyatu dan melupakan sejenak hiruk pikuk peperangan, dimana mereka berada di dua kubu yang berbeda.

Maka tak heran jika pulau ini memang memberikan kesan yang romantis, apalagi ditambah dengan bentuk resortnya yang menyerupai lambang cinta.

Awalnya pulau ini tak berpenghuni, hingga akhirnya Dinas Pariwisata Gorontalo melihat potensi alam yang ada hingga akhirnya objek wisata ini menjadi sangat digandrungi oleh wisatawan asing maupun domestik.

Untuk mengunjungi Pulau Cinta, Kalian harus menyeberangi lautan terlebih dahulu, karena memang posisinya berada di tengah laut. Untuk ke sana, disediakan paket antar jemput untuk pengunjung yang datang dari luar kota Gorontalo, nanti pihak resort akan menjemput di Bandara Jalaluddin, Gorontalo kemudian mengantar menuju Pulau Cinta ini.

Baca Juga   Keasrian nan Memesona Hutan Mangrove Pangkal Babu

Ketika sudah tiba di dermaga atau pelabuhan kamu harus melanjutkannya dengan menggunakan perahu motor kira-kira memakan waktu sekitar 15 menit untuk menuju Pulau Cinta.

Harga Tiket Pulau Cinta Grontalo

Tak ada tarif khusus ketika memasuki Pulau Cinta. Karena bentuknya yang berupa resort kamu hanya perlu mengeluarkan biaya akomodasi menginap saja.

Harga yang ditawarkan mulai dari Rp. 3.000.000,- hingga Rp. 5.000.000,- per malamnya, itu sudah termasuk makan serta fasilitas seru lainnya. Harga tersebut worth it lah dengan keseruan yang akan kamu rasakan ketika berada di Pulo Cinta Eco Resort.

Ragam Wisata di Pulau Cinta Gorontalo

1. Menikmati Alamnya Yang Indah

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Cinta, kamu akan merasa takjub dengan pemandangan yang tersaji. Air lautnya bening banget, sampai kamu dapat melihat terumbu karang dan penghuni laut lainnya dengan jelas.

Dilanjutkan dengan mengelilingi resortnya yang saling terhubung satu sama lain dengan menggunakan jembatan sederhana.

Semua cottage yang ada berada di atas laut, sehingga kamu dapat menikmati indahnya lautan langsung dari kamar. Jika dilihat dari atas, jembatan-jembatan tersebut saling berkaitan dan membentuk lambang love.

Suasana romantis semakin terasa jika malam tiba, dimana kamu dan pasangan dapat melihat bintang-bintang yang bersinar di langit Pulau Cinta.

Langit di malam hari tak kalah indahnya, mungkin karena minimnya polusi udara yang ada di sekitar Pulau Cinta. Ditambah di bagian lainnya terdapat hamparan pasir putih bersih yang lembut.

Eh iya, tahukah kamu apa alasannya resort ini bernama Eco Resort? Karena sumber listrik di sekitar resort berasal dari Solar Panel, yang menggunakan sinar matahari sebagai energi utamanya.

Baca Juga   Saguer, Minuman Para Dewa dari Bumi Minahasa

2. Snorkeling Atau Diving

Ragam wisata seru lain yang dapat kamu lakukan ialah dengan menyaksikan keindahan bawah lautnya, baik itu dengan snorkeling ataupun diving.

Kamu ngga perlu repot-repot untuk membawa perlengkapannya dari rumah, karena resort ini menyediakan peralatan kebutuhan snorkeling atau diving dengan lengkap.

Kamu dapat langsung snorkeling dari kamar dimana kamu menginap, atau dengan mengunjungi spot snorkeling ke Teluk Tomini.

3. Trekking Ke Area Hutan

Jika belum puas dengan keindahan laut di Pulau Cinta, kamu dapat melakukan trekking atau menjelajahi hutan yang berada di seberang Pulau. Hutan tersebut cukup lebat dengan pepohonannya yang rindang. Untuk kamu yang menginginkan keseruan trekking dapat mencobanya.

4. Hunting Foto-Foto Kece

Foto merupakan salah satu alat untuk mengabadikan momen ketika berada di Pulau Cinta, keindahan alamnya sungguh sangat mengagumkan.

Keromantisan bersama pasangan juga jangan lupa untuk diabadikan, apalagi ketika melakukan dinner romantis di hamparan pasir putihnya. ***