Mengenal Negara Produsen Senjata Perang Terbesar di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Militer | Buliran.com

SISTEM persenjataan dan pertahanan adalah hal yang wajib ada bagi tiap-tiap negara berdaulat. Pada dasarnya, memiliki sistem pertahanan yang kuat bukanlah bertujuan untuk berperang atau menyerang negara lain. Melainkan, persenjataan dan militer yang kuat dibutuhkan untuk menjaga kedaulatan sebuah negara jika terdapat gangguan dari luar.

Nah, saat ini, setidaknya ada delapan negara yang dianggap sebagai produsen senjata dan sistem pertahanan terbaik dunia. Tentu saja negara-negara tersebut juga memiliki militer kuat yang diakui oleh dunia. Penasaran, kan? Yuk, disimak!

1. India

2.1 India | Buliran.com

India telah menjadi salah satu negara dengan militer terkuat di dunia. Bahkan, menurut Global Fire Power, kekuatan militer India berada di peringkat ke-4 dunia pada 2021. Wajar saja, dengan jumlah penduduk yang sangat banyak, India sudah menjelma sebagai negara dengan militer yang disegani.

Bagaimana dengan persenjataan mereka? Laman Defense News melansir bahwa omset produksi senjata dan sistem pertahanan di India pada 2020 mencapai 11,42 miliar dolar AS atau Rp165 triliun. Bahkan, di tahun-tahun selanjutnya, pemerintah India memiliki target alokasi biaya produksi persenjataan sebesar 25 miliar dolar AS atau Rp362 triliun.

Itu sebabnya, India dianggap sebagai negara dengan kemampuan militer yang cukup mandiri. Produk-produk militer mereka yang terkenal di antaranya pistol semi automatis, shotgun OFB 12 Bore, SAF carbine, senjata sniper Vidhwansak, tank lapis baja Arjun, tank infanteri, helikopter tempur, serta beberapa senjata mesin buatan Rusia yang dimodifikasi semacam Dragunov SVD dan AK-203.

Baca Juga   Mengenal Rasul Ulul Azmi dan Mukjizatnya