Gadget  

Maraphone, Smartphone Pertama Buatan Afrika

Avatar Of Teddy Chaniago
4.1 Mara | Buliran.com

PRODUSEN smartphone lazimnya datang dari negara-negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Korea Selatan, atau Jepang. Namun sebuah perusahaan teknologi asal Rwanda, Mara Group meluncurkan smartphone pertama dengan label “Made in Africa”.

Tidak tanggung-tanggung, Mara Phones (merek dari Mara Group) meluncurkan dua smartphone sekaligus, Mara X dan Mara Z. Ini merupakan sesuatu spesial karena keduanya menjadi smartphone pertama yang dibuat oleh perusahaan asal benua Afrika.

“Ini adalah produsen smartphone pertama di Afrika. Kami sebenarnya yang pertama melakukan manufaktur. Kami membuat motherboard, kami juga membuat sub-board dari keseluruhan proses. Ada lebih dari 1.000 unit per ponsel,” ujar Ashish Thakkar, CEO Mara Group.

Perusahaan melakukan perakitan smartphone di Mesir, Ethiopia, Aljazair, dan Afrika Selatan meski komponen-komponennya masih diimpor dari luar.

Mara Phones merupakan smartphone yang berjalan dengan sistem operasi Android. Ponsel ini nantinya akan menggunakan Android One. Dengan ini diharapkan dapat lebih mudah diakses oleh pengguna di Rwanda.

Sedikit informasi, Android One adalah program yang dibuat oleh Google untuk membuat pengguna dengan mudah menggunakan smartphone. Menurut Google, Android One menawarkan pengalaman terbaik yang bisa dinikmati dari sistem operasi Android.

Smartphone Mara X akan dijual dengan harga 175.750 Rwandan francs (Rp 2,6 juta). Sedangkan Mara Z dibanderol 120.250 Rwandan francs (Rp 1,8 juta). ***

Baca Juga   Lebih Dekat dengan Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro, Ini Spesifikasi Lengkapnya