Deretan Negara Penghasil Ikan Terbesar di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Ikan | Buliran.com

5. Amerika Serikat

1.5 Amerika Serikat | Buliran.com

Negara selanjutnya yang menghasilkan produksi ikan terbesar di dunia adalah Amerika Serikat. Menurut FAO, pada tahun 2005 Amerika Serikat memanen sebanyak 4.888.621 ton ikan dari perikanan liar dan 471.958 ton lainnya dari akuakultur. Jumlah yang besar tersebut menjadikan Amerika Serikat menjadi penghasil ikan terbesar kelima di dunia. Produksi ikan Amerika Serikat sendiri setara dengan 3,8% dari total dunia.

6. Rusia

1.6 Rusia | Buliran.com

Garis pantai yang panjang menjadikan Rusia mampu menduduki peringkat 6 negara penghasil ikan terbesar di dunia. Garis pantai Rusia adalah yang terpanjang keempat di dunia setelah garis pantai Kanada, Greenland, dan Indonesia. Menurut FAO, pada tahun 2005 industri perikanan Rusia memanen 3.190.946 ton ikan dari perikanan liar dan 114.752 ton lainnya dari akuakultur. Jumlah tersebut menjadikan Rusia menjadi produsen ikan nomor sembilan, dengan sumbangan sebesar 2,3% dari total dunia.

7. Jepang

1.7 Jepang | Buliran.com

Tidak mengherankan jika Jepang menempati peringkat 7 negara penghasil ikan terbesar di dunia. Hal ini terlihat dari kegemaran masyarakatnya mengonsumsi ikan. Bahkan salah satu masakan terkenal dari Jepang terbuat dari bahan dasar ikan. Meskipun begitu, ada sejarah kelam tentang perikanan di Jepang. Setelah krisis energi tahun 1973, penangkapan ikan laut dalam di Jepang menurun.

Jumlah tangkapan tahunan pada tahun 1980-an memiliki rata-rata 2 juta ton. Ada berbagai jenis teknik menangkap ikan di Jepang, diantaranya ayu fishing, tenkara fishing, factory ship, dolphin drive hunting, dan terumbu buatan yang digunakan untuk meningkatkan kegiatan penangkapan ikan yang berkelanjutan di garis pantai.

Baca Juga   Senjata Pemusnah Massal Paling Mematikan di Dunia!