Deretan Negara Penghasil Ikan Terbesar di Dunia

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Ikan | Buliran.com

SIAPAPUN, tentunya tidak ada yang tidak tahu ikan? Dalam dunia kuliner, ikan memiliki banyak fungsi dan bisa disulap menjadi berbagai jenis masakan yang diminati banyak orang. Dalam kacamata dunia, ikan juga merupakan salah satu hewan yang digemari di kalangan pecinta kuliner.

1. Ikan Di Laut | Buliran.com

Lantas, kira-kira negara mana saja yang merupakan negara penghasil ikan terbesar? Apakah Indonesia yang merupakan negara maritim termasuk salah satunya? Inilah 15 negara penghasil ikan terbesar di dunia.

1. China

1.1 China | Buliran.com

Negara yang memiliki populasi sebanyak seperlima dari populasi dunia ini menduduki peringkat pertama dalam daftar ini. Pasalnya, Cina menyumbang produksi ikan sebanyak sepertiga dari produksi ikan dunia dan dua pertiga dari produksi perikanan budidaya dunia. Sejak tahun 2002, Cina telah menjadi pengekspor ikan dan produk ikan terbesar di dunia. Pada tahun 2005, ekspor perikanan termasuk tanaman air setara dengan 7,7 miliar USD dengan Jepang, Amerika Serikat dan Republik Korea sebagai pasar utama.

2. Indonesia

1.2 Indonesia | Buliran.com

Negara yang menduduki peringkat kedua adalah Indonesia. Hal ini tidak mengherankan karena bentuk negara Indonesia yang berupa negara kepulauan. Produksi perikanan Indonesia yang berasal dari perikanan tangkap dan budidaya telah meningkat secara bertahap selama kurun waktu tahun 2011 hingga 2015. Pada 2015, total produksi telah mencapai 22,31 juta metrik ton (MT), senilai 18,10 miliar USD. Sementara itu, jumlah kapal penangkap ikan di Indonesia telah meningkat tajam dari 581.845 pada tahun 2011 menjadi sekitar 625.633 kapal pada tahun 2014.

Baca Juga   Gunung Hunga Tonga-Hunga Ha'apai, Gunung Berapi Bawah Laut yang Picu Tsunami di Tonga