HPSN Bukti Masyarakat Cinta dengan Kebersihan

1. mujahidin.jpg | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Peringatan Hari Peduli Nasional (HPSN) Tingkat yang dipusatkan di gedung 12 Kelurahan Jatijajar, Minggu (20/2) berlangsung meriah. Kegiatan dengan tema “Kelola Sampah, Kurangi Emisi, Proklim” tersebut, bisa terselenggara berkat koordinasi yang apik Komunitas yang ada di Kecamatan .

HPSN 2022 yang antara lain diisi dengan kegiatan aksi peduli sampah, penghijauan dan taman ecobric tersebut, diharapkan bisa menjadi cikal bakal makin pedulinya masyarakat akan . Sehingga wilayah Kecamatan Tapos semakin bersih, semakin hijau dan semakin segar.

“Alhamdulillah, pagi ini HPSN tingkat Kecamatan Tapos digelar di Kelurahan Jatijajar. Melihat tingginya animo masyarakat yang ikut dan terlibat dalam kegiatan ini, saya optimis kebersihan dan kehijauan wilayah Kecamatan Tapos akan semakin baik dari waktu ke waktu,” kata Camat Tapos, H .

1.2 mujahidin.jpg | Buliran.com1.1 mujahidin.jpg | Buliran.com

Menjaga kebersihan, menurut Pak Camat tak sekadar budaya yang harus dilestarikan namun juga bagian dari kehidupan beragama. Dimana, kebersihan itu adalah sebagian dari iman.

“Jadi jelas bagi kita, kalau persoalan kebersihan tidak melulu tugas pemerintah melalui instansi terkaitnya. Namun adalah tanggung jawab semua elemen masyarakat,” imbuhnya.

Lurah Jatijajar, dalam kesempatan itu mengatakan, keberadaan Bank Sampah di wilayah Kelurahan Jatijajar sangat terasa dampaknya. Untuk itu, selaku lurah, Bang Haji demikian dia biasa disapa telah menginstruksikan kepada seluruh ketua RW agar menghadirkan Bank Sampah di wilayah masing-masing.

“Setidaknya, sebagaimana arahan Pak Camat, di setiap RW harus ada Bank Sampah. Insyaallah jelang akhir tahun ini, tak ada RW di Jatijajar yang tak memiliki Bank Sampah,” ujarnya.

Baca Juga   Kampung Hijau akan Jadi Ikon Kecamatan Cilodong

Senada dengan Pak Camat, H juga mengingatkan masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, apalagi membuangnya ke sembarang tempat.

“Kebiasaan terasebut saya harap tak ada di Jatijajar. Mari kita bersama-sama menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan. Karena kalau lingkungan bersih, sehat, hijau dan segar, tentu kita juga yang akan diuntungkan,” ujarnya. (ted)