Mengenal 5 Top Skorer Sepanjang Masa Timnas Indonesia

Avatar Of Teddy Chaniago
14.1 Soetjipto Soentoro | Buliran.com

JULUKAN ‘Macan Asia’ pernah tersemat untuk Timnas sepakbola Indonesia saat masa jayanya. Namun kini, Timnas Indonesia menempati menempati urutan 165 ranking FIFA, tertinggal cukup jauh dari negara Asia Tenggara lainnya.

Padahal, banyak pemain berbakat Indonesia yang masuk ke dalam daftar top skor dengan perolehan gol yang tidak sedikit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 Topskor Timnas Indonesia sepanjang sejarah sepak bola tanah air.

1. Soetjipto Soentoro

14.1 1 Soetjipto Soentoro | Buliran.com

Meskipun mungkin tidak terdengar familiar di telinga penyuka sepakbola saat ini, nama Soetjipto Soentoro pernah menorehkan prestasi luar biasa di bidang olahraga.

Ia bergabung bersama Timnas Indonesia pada tahun 1965 hingga 1970 dan menjadi pencetak gol terbanyak timnas. Ia berhasil mencetak 57 angka dari 68 penampilan.

Pemain sepak bola asal Bandung ini terkenal karena memiliki dribble dan kekuatan tendangan yang ditakuti lawan. Hingga saat ini, belum ada satupun pesepakbola tanah air yang mampu menyamainya dalam urusan mencetak gol untuk Indonesia.

2. Bambang Pamungkas

14.2 Bambang Pamungkas | Buliran.com

Pesepak bola ini dikenal sebagai legenda hidup sepak bola Indonesia. Bambang Pamungkas merupakan pemain top skor yang berhasil mencetak 36 gol dari 77 penampilannya di periode 1999 hingga 2012.

Dari total 20 tahun karirnya sebagai pesepak bola profesional, pemain sepak bola yang akrab dengan sebutan Bepe ini menghabiskan 17 tahun karirnya berlaga untuk Persija Jakarta.

Baca Juga   Lawan Reims, PSG Berikan Messi Laga Debut