Mengenal 5 Top Skorer Sepanjang Masa Timnas Indonesia

14.1 Soetjipto Soentoro | Buliran.com

JULUKAN ‘Macan Asia' pernah tersemat untuk saat masa jayanya. Namun kini, menempati menempati urutan 165 ranking , tertinggal cukup jauh dari negara Asia Tenggara lainnya.

Padahal, banyak pemain berbakat Indonesia yang masuk ke dalam daftar top skor dengan perolehan gol yang tidak sedikit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 5 Topskor Timnas Indonesia sepanjang sejarah tanah .

1. Soetjipto Soentoro

14.1 1 Soetjipto Soentoro | Buliran.com

Meskipun mungkin tidak terdengar familiar di telinga penyuka sepakbola saat ini, nama Soetjipto Soentoro pernah menorehkan prestasi luar biasa di bidang .

Ia bergabung bersama Timnas Indonesia pada tahun 1965 hingga 1970 dan menjadi pencetak gol terbanyak timnas. Ia berhasil mencetak 57 angka dari 68 penampilan.

Pemain sepak bola asal Bandung ini terkenal karena memiliki dribble dan kekuatan tendangan yang ditakuti lawan. Hingga saat ini, belum ada satupun pesepakbola tanah air yang mampu menyamainya dalam urusan mencetak gol untuk Indonesia.

2. Bambang Pamungkas

14.2 Bambang Pamungkas | Buliran.com

Pesepak bola ini dikenal sebagai legenda hidup sepak bola Indonesia. Bambang Pamungkas merupakan skor yang berhasil mencetak 36 gol dari 77 penampilannya di periode 1999 hingga 2012.

Dari total 20 tahun karirnya sebagai pesepak bola profesional, pemain sepak bola yang akrab dengan sebutan Bepe ini menghabiskan 17 tahun karirnya berlaga untuk Persija Jakarta.

Selama bermain dengan Persija Jakarta, Bepe berhasil mengoleksi total 200 gol di semua kompetisi. Hal ini membuatnya mencatat rekor sebagai pemain dengan koleksi gol terbanyak untuk satu klub Indonesia.

3. Kurniawan Dwi Yulianto

14.3 Kurniawan Dwi Yulianto | Buliran.com

Menjadi pencetak gol terbanyak bagi Indonesia di Piala AFF dengan total 13 gol, nama Kurniawan Dwi Yulianto dikenal sebagai pencetak top skor terbanyak sepanjang masa untuk Tim Indonesia di ajang tersebut.

Baca Juga   Kantongi 9 Medali di Tokyo, Bonus Menanti Kontingen Paralimpiade Indonesia

Dalam periode 1995 hingga 2005, Ia berhasil mencetak 31 gol dari 60 penampilannya di Timnas Indonesia. Pada 1996, bomber yang dijuluki Si Kurus itu sempat mencetak empat gol, tetapi hanya mampu mengantarkan Indonesia hingga semifinal.

4. Rochy Putiray

14.4 Rochy Putiray | Buliran.com

Pemain sepak bola asal Ambon ini terkenal sebagai salah satu pemain andalan Timnas Indonesia di periode 1991 hingga 2004 dan berhasil mencetak 17 angka dari 41 permainan yang dimainkannya.

Meski memiliki postur tubuh yang kurus, Ia dikenal pemberani karena mampu berduel melawan bek tim lawan yang bertubuh besar. Selain berkarir di dalam negeri, Ia juga pernah mengenakan klub South AA pada 2002 hingga 2003.

Selama bermain dengan klub asing tersebut, sang striker berhasil mencetak 42 gol dalam 32 laga dan menyabet gelar top skor di Liga Hongkong.

5. Budi Sudarsono

14. 5 Budi Sudarsono | Buliran.com

Pemain yang mendapat julukan Si Ular Piton karena kepiawaiannya berkelit dari kawalan lawan ini tercatat sebagai salah satu nama pemain sepak bola yang mencetak gol terbanyak di Timnas Indonesia.

Sepanjang 2001 hingga 2010, Budi sudah mencetak 16 gol dari 46 penampilannya. Ia juga menjadi top skor di Piala AFF 2008 dengan total empat gol untuk Timnas Indonesia. ***