Kereta Api dari Masa ke Masa

8. evolusi | Buliran.com

DARI berbagai jenis alat transportasi darat itu, merupakan moda transportasi yang mempunyai jalur khusus, yaitu menggunakan rel.

Inilah sebabnya, kereta api dapat melaju tanpa terkena macet atau hambatan lain. Sama seperti alat transportasi lainnya, kereta api juga mengalami berbagai perkembangan, dari awal diciptakan sampai saat ini.

Perkembangan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah . Yuk, ketahui perkembangan !

Kereta Api Sudah Menjadi Alat Transportasi Sejak Abad 19

Kereta api sudah menjadi alat transportasi yang populer sejak abad ke-19, tepatnya pada 1804. Ketika kereta uap pertama kali dibangun pada 1804, banyak orang yang khawatir dengan kecepatan alat transportasi ini.

Bahkan mereka khawatir kalau penumpang tidak bisa bernapas, atau bahkan tidak sadarkan diri karena guncangan yang disebabkan oleh kereta api.

Namun karena biayanya yang murah dan waktu tempuh yang singkat, kereta api menjadi alat transportasi yang digemari banyak orang.

Rel Kereta Sudah Lebih Dulu Ada Sebelum Kereta Api

Pada perkembangan kereta api, ada fakta unik mengenai jalur kereta, yaitu rel. Ternyata, rel kereta sudah lebih dulu ada sebelum kereta api diciptakan, teman-teman.

Rel ini terbuat dari kayu dan digunakan sebagai jalur untuk menarik gerobak yang digunakan pada industri sekitar tahun 1550-an.

Penggunaan rel memudahkan para tambang untuk membawa hasil tambangnya, seperti batu bara dengan menggunakan kereta kecil yang digerakkan pada rel.

Rel yang terbuat dari logam mulai diperkenalkan dan digunakan sekitar akhir tahun 1760-an, dengan memasang besi cor ke atas rel kayu. Pemasangan rel besi ini mulai dilakukan saat kereta uap banyak digunakan.

Baca Juga   Tiket Pesawat Jakarta - Banda Aceh Lebih Mahal dari Jakarta - London

Tenaga Uap Sebagai Penggerak Kereta Mulai Diperkenalkan

8. kereta uap | Buliran.com

Dari kereta yang digunakan untuk membawa hasil tambang, kemudian berkembang kereta api yang digerakkan oleh kabel sekitar tahun 1604.

Dalam sejarah perkembangan kereta api, dikenal nama James Watt dengan luas. James Watt adalah salah satu penemu yang berkontribusi dalam sejarah kereta api.

Perkembangan kereta api dimulai dari mesin uap yang digunakan untuk menggerakkan kereta. James Watt adalah seorang insinyur dan mekanik dari Skotlandia yang menyempurnakan mesin uap buatan Thomas Newcomen.

Mesin uap buatan James Watt mampu menggerakkan roda kereta, karena mesin uap ini dengan cara bolak-balik dan dikembangkan pada tahun 1769.

Awalnya, mesin ini digunakan pada pabrik kapas, kemudian James Watt menyempurnakannya dan menggunakan ini pada mesin yang lebih kecil untuk digunakan pada kereta.

Lokomotif uap untuk kereta api dibuat pertama kali tahun 1804 oleh Richard Trevithick untuk menggerakkan mesin menggunakan uap bertekanan tinggi.

21 Februari 1804 menjadi perjalanan kereta uap pertama kali hasil temuan Richard Trevithick yang dilakukan di jalur trem miliki pabrik besi Penydarren.

Kereta Listrik Pertama Mulai Diperkenalkan

 

8.2 kereta listrik | Buliran.com

Setelah kereta uap, kereta jenis lain kembali diperkenalkan berkat kemajuan teknologi. Di tahun 1837, mulai diperkenalkan lokomotif listrik pertama yang dibuat oleh seorang ahli kimia bernama Robert Davidson dari Skotlandia.

Lokomotif listrik ini digerakkan dengan menggunakan baterai dan disebut sebagai lokomotif listrik dengan tenaga baterai pertama. Robert Davidson kemudian membuat lokomotif yang lebih besar dan diberi nama Galvani.

Galvani bisa mengangkur beban seberat enam ton dengan kecepatan melaju sekitar enam kilometer per jam untuk jarak 2,4 kilometer.

Kereta Berkembang Menjadi Menggunakan Tenaga Diesel

Baca Juga   Ayo Kenali, Berikut Tipe & Jenis Pesawat Terbang Komersial

8.1 kereta diesel | Buliran.com

Inovasi kereta api kembali dilakukan pada tenaga yang digunakan untuk menggerakkan kereta. Setelah menggunakan mesin uap dan baterai, kali ini dibuat desain kereta yang digerakkan dengan bahan bakar diesel, yang menggunakan minyak bumi.

Rancangan pertama kereta berbahan diesel ini dibuat oleh William Dent Priestman yang membuat desain pembakaran internal yang digunakan pada kereta api. Tahun 1894, desain mesin William Dent Priestman mulai dibuat menjadi mesin dua poros.

Selanjutnya, tahun 1906 lokomotif bertenaga diesel dibuat oleh Rudolf diesel, Adolf Klose, dan produsen mesin uap Gebruder Sulzer.

Di tahun 1912, lokomotif bertenaga diesel pertama di dunia mulai beroperasi di jalur kereta api Winterthur di Swiss.

Shinkansen Menjadi Pertama di Dunia

Ya, Shinkasnsen adalah kereta dengan kecepatan tinggi yang digunakan di Jepang. Shinkansen adalah kereta cepat pertama yang diperkenalkan pada 1964 sebagai kereta dengan tenaga listrik.

8.3 kereta cepat | Buliran.com

Pada kali pertama beroperasi di tahun 1964, Shinkansen melakukan perjalanan dari Tokyo ke Osaka dengan kecepatan mencapai 300 kilometer per jam.

Selain Jepang, Shinkansen juga digunakan di Spanyol, , Tiongkok, , Korea Selatan, Belgia, dan Belanda. Adanya kereta cepat ini menyebabkan penurunan jumlah penerbangan jarak pendek antara beberapa kota di berbagai negara, nih. ***