Omicron Paling Banyak Renggut Nyawa 3 Kelompok Ini

6. omicron | Buliran.com

, JAKARTA – Presiden Joko Widodo () meminta jajaran pemerintah daerah untuk mempercepat , sejalan dengan angka penyebaran kasus Covid-19 yang semakin cepat akibat .

Instruksi tersebut diserukan Jokowi lantaran masih ada beberapa wilayah yang mencatat cakupan vaksinasi Covid-19 di bawah 60%. Hal ini terungkap saat Jokowi meninjau vaksinasi di 17 provinsi secara virtual melalui Istana Kepresidenan .

“Dosis kedua dan dosis ketiga saya lihat masih banyak yang di bawah 60%, masih rendah,” kata Jokowi, seperti dikutip Sabtu (19/2).

Jokowi meminta agar percepatan vaksinasi diprioritaskan untuk kalangan masyarakat lanjut usia (lansia). Berdasarkan laporan yang diterima kepala negara, kelompok ini adalah yang paling rentan terhadap serangan varian Omicron.

Selain kelompok lansia, Jokowi mengutarakan, masyarakat yang rentan terhadap serangan varian yang pertama kali ditemukan di Afrika Selatan itu adalah masyarakat yang belum mendapatkan dosis dan penderita komorbid.

“Karena dari yang kita miliki, 60% yang belum divaksin, karena lansia dan komorbid,” kata Jokowi.

Jokowi meminta jajaran pemerintah daerah yang masih memiliki tingkat vaksinasi yang rendah agar mempercepat program vaksinasi, baik dosis kedua atau dosis ketiga.

“Kuncinya ada di vaksin dan di utamanya di ,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan bahwa kunci dalam pengendalian Covid-19, utamanya varian omicron adalah dengan mempercepat program vaksinasi dan tetap menjaga protokol kesehatan.

“Hanya dua itu saja. Dua hal ini harus disampaikan terus ke masyarakat, utamanya memakai masker,” jelasnya. (*/cha)

 

Baca Juga   Sepanjang 2012-2021, LPSK Rehabilitasi 3.962 Korban Pelanggaran HAM Berat