9 Kota yang Hilang dalam Peradaban Manusia

Avatar Of Teddy Chaniago
8. Kota | Buliran.com

SEPANJANG perjalanan sejarah manusia, sejumlah kota besar dan kecil telah hilang, tenggelam, dan ditinggalkan. Hanya menyisakan reruntuhan misterius dan beberapa memberikan pemandangan indah, yang dapat dilihat oleh manusia modern kini. Berikut beberapa kota yang hilang dengan berbagai ceritanya, seperti yang dilansir dari Time:

1. Kota hantu Chernobyl, Ukraina

8.1 Kota Hantu Chernobyl Ukraina | Buliran.com

Setelah bencana nuklir terburuk dalam sejarah terjadi, Uni Soviet mengevakuasi kota-kota dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Chernobyl, termasuk kota Pryp’yat di Ukraina. Dua puluh tahun kemudian, kota itu masih berdiri, tapi seperti kota hantu dengan ditumbuhi tumbuhan liar dan hewan liar. Tidak ada lagi manusia yang tinggal di sana, tetapi para pelancong dapat melakukan perjalanan sehari untuk merasakan sensasi Chernobyl.

2. Kota Termessos, Turki

Termessos Antalya Turkey | Buliran.com

Seperti Game of Thrones di kehidupan nyata, kota Termessos adalah kota yang tak tersentuh yang berada di ketinggian 1.000 meter di atas gunung. Alexander Agung, raja Kekaisaran Makedonia juga tak tertarik untuk menguasainya. Kota kuno yang disebut juga Eagle’s Nest kehilangan pasokan air sekitar 200 M dan akhirnya mulai ditinggalkan. Sehingga, diperkirakan kota itu sudah tidak tersentuh selama lebih dari 1800 tahun.

3. Kota Baia, Italia

8.3 Kota Baia Italia | Buliran.com

Baia adalah Las Vegas dari Kekaisaran Romawi, sebuah kota liburan hedonistik yang memiliki vila dan spa. Namun, sejumlah fenomena alam kemudian menimpa kota itu. Membuat para penduduk meninggalkan kota dan penjarahan terjadi. Kota itu akhirnya tenggelam di sebuah teluk dekat Napoli. Hari ini, kota itu dapat disusuri dengan perahu berlantai kaca atau dengan scuba.

Baca Juga   Kepingan Perunggu Rahmat Erwin Abdullah, Tambah Pundi Medali Kontingen Indonesia