Semua Komponen Dikerahkan Wujudkan Kampung Cerdas di Pondok Jaya

Avatar Of Teddy Chaniago
1. Nurman | Buliran.com

BuliranNews, DEPOK – Kampung Cerdas yang merupakan sebuah acuan pembangunan di Kota Depok dan dimasukkan dalam menu wajib pada Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) baik di tingkat kelurahan maupun di tingkat kecamatan, merupakan sebuah target atau tujuan yang harus diwujudkan.

Meski untuk mewujudkannya bukanlah sesuatu yang mudah, namun jika semua komponen masyarakat bisa bahu membahu untuk mewujudkannya, rasanya tak ada yang tak mungkin dilakukan.

“Secara umum, Pondok Jaya siap menghadirkan sebuah kampung cerdas yang sesuai dengan keinginan Pemkot Depok. Yaitu sebuah kawasan yang semuanya terintegrasi dalam sebuah sistem sehingga memudahkan untuk pemantauan dan pengelolaannya,” kata Lurah Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok, Nurman Hakim.

Menurut Nurman, dari pendataan yang dilakukan ke seluruh RW yang ada di Kelurahan Pondok Jaya, maka kampung cerdas akan direalisasikan di RW 02. Kenapa di sini? Karena semua komponen pendukung hadirnya sebuah kampung cerdas sudah ada di lokasi tersebut.

“Semua berbasis IT yang akan dijadikan sebagai pusat kegiatan kemasyarakat yang terintegrasi secara keseluruhan di suatu lingkungan untuk meningkatkan tumbuh kembang anak dengan skill ke arah yang lebih baik,” jelasnya.

Kelembagaan yang harus ada itu antara lain meliputi Posyandu, Posmaja, Posbindu, kegiatan ramah anak, perempuan kepala keluarga (pekka), bank sampah, kegiatan seni dan budaya, olahraga serta kegiatan pendukung lainnya.

Kepada seluruh komponen masyarakat, Nurman berharap untuk bisa bertsama-sama memberikan dukungan penuh, sehingga kampung cerdas yang dicita-citakan benar-benar cerdas sehingga mampu melahirkan generasi muda yang lebih berkualitas. (ted)

Baca Juga   Dua Tahun Ditutup, Pintu Utama Kelurahan Jatijajar Kembali Dibuka