Deretan Klub Sepak Bola dengan Penggemar Terbanyak di Dunia

9. fans | Buliran.com

SEPAK bola tanpa penggemar layaknya kendaraan tanpa mesin. Wajar apabila kemudian banyak klub sepak bola memiliki penggemar terbanyak di seluruh dunia.

Sejumlah tim top mencatatkan dirinya sebagai klub dengan penggemarnya tersebar di seluruh dunia. Di antara penggemar tersebut terdiri dari penggemar setia atau mereka yang sekedar ikut-ikutan.

Sosial media pun kini menjadi salah satu sarana bagi seorang penggemar untuk mendukung klub kesayangan mereka. Maka tidak heran jika jumlah pengikut di akun resmi klub sepak bola sering menjadi indikator kisaran jumlah penggemar mereka di seluruh dunia.

Berikut kami sajikan enam klub sepak bola yang memiliki penggemar terbanyak di dunia.

6. (79,7 Juta)

9.6 Liverpoola | Buliran.com

Liverpool merupakan salah satu klub sepak bola paling populer di dunia. Klub asal Inggris tersebut mengalami peningkatan penggemar usai Jurgen Klopp resmi menjadi pelatih The Reds dan mampu mendulang kesuksesan yang cukup baik.

Bergabung sejak 2015, pelatih berusia 58 tahun tersebut telah mampu mengantarkan Liverpool menjadi juara Liga Inggris dan . Kesuksesan tersebut pun membuat jumlah penggemar mereka memiliki peningkatan yang cukup pesat. Liverpool memiliki 36 juta penggemar di Facebook, 15,5 juta penggemar di , dan 28,2 penggemar di Instagram.

5. (87,2 juta)

9.5 Chelsea | Buliran.com

Chelsea mampu menjadi salah satu klub terbaik di seluruh dunia usai salah satu orang terkaya di dunia, Roman Abramovich, resmi menjadi pemilik klub di awal abad 21. Klub asal kota London tersebut berbenah dan mampu menjadi pemenang Liga Inggris beberapa kali dan berhasil menjadi juara Liga Champions pada 2013 dan 2021.

Dengan kesuksesan itu, tak heran bagi klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut memiliki basis penggemar yang tersebar di seluruh dunia. Kini Chelsea memiliki penggemar sebanyak 48,2 juta di Facebook, 15,2 juta di Twitter, dan 23,8 juta di Instagram.

Baca Juga   Wow, Sarah Storey Sabet 16 Medali Emas Paralimpiade

4. Juventus (93,7 juta)

9.4 Juventus | Buliran.com

Hingga kini, Juventus masih menjadi salah satu klub tersukses dengan sering menjadi pemenang secara berturut-turut serta gelar domestik lainnya. Kedatangan pemain bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo, menjadi angin segar untuk Si Nyonya Tua.

Pemain Portugal tersebut resmi bergabung pada 2018 silam, membuat penggemar klub asal kota Turin tersebut menjadi meningkat drastis. Kini Juventus memiliki penggemar sebanyak 42 juta di Facebook, 8,7 juta di Twitter, dan 43,4 di Instagram.

3. (133,7 juta)

9.3 MU | Buliran.com

Manchester United merupakan salah satu klub asal Inggris yang paling populer di dunia. Saat Sir Alex Ferguson duduk di kursi perlatih, The Reds Devils menjadi salah satu klub tersukses di Eropa dengan segala pencapaiannya.

Setelah pelatih berusia 79 tahun tersebut mundur sebagai pelatih, Man United pun mengalami penurunan performa yang membuat para penggemar goyah untuk tetap mendukung klub Manchester Merah tersebut. Kini mereka memiliki jumlah penggemar sebanyak 73,2 juta di Facebook, 23,2 juta di Twitter, dan 37,3 di Instagram.

2. (227,3 juta)

9.2 Barcelona | Buliran.com

Tidak bisa dipungkiri, bahwa sampai saat ini Barcelona masih menjadi salah satu klub terpopuler di dunia. Dengan konsistensi yang dimiliki dalam setiap musim membuat tim yang bermarkas di Camp Nou tersebut memiliki jutaan penggemar setia.

Kehadiran Lionel Messi dalam satu dekade lebih bersama Barcelona menjadi hal yang membuat para penggemar enggan untuk mendukung klub lain. Kini klub asuhan Ronald Koeman tersebut memiliki penggemar sebanyak 103 di Facebook, 34 juta di Twitter, dan 90,3 juta di Instagram.

1. Real Madrid (237 juta)

9.1 madrid | Buliran.com

Real Madrid hingga kini masih menjadi klub paling populer di dunia. Meski harus kehilangan salah satu daya tariknya, Cristiano Ronaldo, para penggemar masih tetap setia untuk mendukung Los Blancos di setiap musimnya.

Baca Juga   Chelsea & Liverpool Seri, City Menang Besar

Mampu memenangkan banyak gelar dari berbagai kompetisi elite Eropa membuat Real Madrid memiliki predikat sebagai klub sepak bola paling populer di dunia. Kini, mereka memiliki penggemar sebanyak 110 juta di Facebook, 35 juta di Twitter, dan 92 juta di Instagram. ***