Belajar Motor Bagi Pemula? Begini Tipsnya

Avatar Of Teddy Chaniago
7. Belajar | Buliran.com

CARA belajar keseimbangan naik motor sangat mudah dilakukan jika Anda sudah bisa naik sepeda kayuh. Karena keseimbangan antara naik sepeda kayuh dan motor hanya sedikit perbedaannya.

Seperti diketahui, sepeda motor saat ini menjadi kendaraan yang paling disukai warga Jakarta karena bisa membelah kemacetan. Ukurannya yang ramping membuat mobilitas kendaraan bermotor ini lebih cocok di perkotaan karena banyaknya jalan macet dan gang sempit.

Ketika sudah biasa naik sepeda motor, keseimbangan kadang menjadi kendala ketika terjadi hujan angin atau menemui jalan berlubang. Jadi ada tips-tips khusus yang harus dikuasai agar bisa menyeimbangkan motor.

Lalu bagaimana untuk yang belum bisa naik motor sama sekali? Bagi Anda yang ingin belajar naik motor, kenali dahulu motor yang akan digunakan, apakah motor matik atau manual.

Namun sebagai permulaan, disarankan untuk belajar menggunakan motor matik karena lebih mudah. Untuk bisa naik sepeda motor, berikut cara belajar keseimbangan motor yang dikutip dari kanal YouTube Vorhesz:

1. Cari orang untuk mendampingi Anda belajar keseimbangan naik sepeda motor.

2. Gunakan motor matik yang kecil sehingga Anda tidak direpotkan denga beban kendaraan Anda.

3. Cari jalan rata dan agak menurun atau tanah lapang. Usahakan jalan tersebut jarang dilalui kendaraan, misalnya di komplek perumahan atau tanah lapang.

4. Jika sudah menemukan lokasi tersebut, mulailah belajar dengan kondisi mesin motor dalam keadaan mati. Jangan lupa untuk tetap menerapkan keselamatan berkendara dengan memakai helm standar SNI.

5. Usahakan kecepatan konstan di sekitar 15 kilometer perjam, intinya tidak terlalu kencang dan tidak terlalu lambat.

6. Pastikan jari tangan selalu menyentuh handel rem untuk mengurangi kecepatan jika laju motor terlalu kencang. Di sini yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa seimbang di atas motor.

Baca Juga   Mengenal Negara-Negara di Kawasan Pasifik

7. Lakukan terus berulang-ulang hingga Anda mahir menyeimbangkan sepeda motor. Turunkan kedua kaki Anda jika kurang seimbang dan hentikan laju sepeda motor.

8. Jika sudah berhasil menyeimbangkan motor , berarti Anda sudah lulus dipercobaan pertama.

9. Selanjutnya, mulailah untuk mencobanya dengan kondisi mesin motor dihidupkan, tetap cari jalan yang sepi untuk menghindari kejadian tidak terduga.

10. Sekali lagi, tetap ajak orang terdekat yang sudah mahir naik motor misalnya, orang tua, kakak, atau sahabat Anda untuk mendampingi. ***