Barca Selamat dari Kekalahan di Markas Espanyol

Avatar Of Teddy Chaniago
6. Barca | Buliran.com

BuliranNews, KATALAN – Tim sekota Barcelona, Espanyol nyaris saja menambah luka bagi Barcelona. Namun Braugrana berhasils elamat dari kekalahan dalam duel bertajuk derbi Catalan di Stadion Cornella-El Prat pada Senin (14/2) dini hari. Laga ini merupakan duel pekan ke-24 Liga Spanyol musim 2021-2022. Namun, di menit akhir injury time, Barca mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Tim tuan rumah tampaknya lengah pasca kick off. Sebab hanya butuh waktu 2 menit bagi Barca untuk unggul. Gol terjadi lewat Jordi Alba yang mengumpan ke dalam kotak penalti. Pedri menyambut umpan itu untuk memasukkan bola ke sisi kanan gawang.

Tim tuan rumah langsung panas untuk segera menyamakan skor. Serangan dilancarkan Javi Puado dan Sergi Darder. Hanya saja, serangan tersebut gagal menemui tujuan.

Barca tak tinggal diam. Skuad asuhan melancarkan serangan lewat upaya Adama Traore dan Alba hingga berkali-kali. Tapi serangan-serangan itu entah bernasib dihalau bek Espanyol atau melenceng dari gawang hingga menit ke-30.

Pada menit ke-36, Ferran Torres menyambut operan terobosan akurat, tapi salah satu pemain bertahan Espanyol mampu merebut bola darinya. Dua menit berselang giliran Traore yang mendapat umpan crossing lambung di dalam jantung pertahanan Espanyol. Traore sempat mengontrol bola dan melepaskan tembakan ke arah tengah gawang. Beruntung Diego Lopez menunaikan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang itu.

Tim tuan rumah balas menyerang. Tapi peluang Javi Puado bisa dicegat Marc-Andre ter Stegen. Namun Barca belum bisa bernafas lega. Sergi Darder yang berada tepat di luar kotak penalti melepaskan tembakan kencang hingga melenggang masuk ke sisi kanan gawang Barca di menit ke-40.

Darder kembali melepaskan tembakan keras dari jarak jauh jelang turun minum. Hanya saja, tembakannya berbelok dari tiang kanan gawang.

Baca Juga   Liga Champions 2022-2023, Neraka di Grup B dan C

Di awal babak kedua, Barca memasukkan Eric Garcia untuk menggantikan Ronald Araujo. La Blaugrana lantas melakukan serangan berkali-kali. Gavi memanfaatkan bola liar guna melepaskan tembakan keras yang menyelinap masuk ke gawang Espanyol pada menit ke-56.

Sayangnya, wasit menganulir gol ini setelah meninjau ulasan VAR. Wasit memutuskan Gavi sudah berada dalam posisi offside terlebih dahulu.

Petaka kembali diderita Barca pada menit ke-64. Sergi Darder mengirim umpan lambung akurat ke dalam kotak penalti. Raul de Tomas sukses menyambut bola lewat tembakan ke sisi kiri gawang hingga Ter Stegen tak bisa bereaksi.

Derbi ini berjalan kian keras. Gerard Pique dihadiahi kartu kuning akibat tacklenya yang kasar pada menit ke-74. Beberapa menit berselang giliran Javi Puado dari Espanyol dan Eric Garcia dari Barca diganjar kartu kuning karena kesalahan serupa.

10 menit kemudian, anak asuhan Xavi mendapat peluang tendangan bebas. Tembakan Ousmane Dembele masih mampu dihalau bek Espanyol. Beberap menit selanjutnya, peluang Barca oleh Dembele dan Traore juga gagal berbuah hasil.

Di masa injury time, Luke De Jong mencetak gol penyelamat timnya. Jelang peluit akhir, keributan pecah Nico Melamed dari Espanyol dan Pique diusir wasit karena mendapat kartu merah. Keributan terjadi setelah gol De Jong yang terjadi pada menit ke-90+6 padahal wasit di awal hanya memberi tambahan waktu empat menit. (*/rpl)