OPD di Bukittinggi Diminta Tingkatkan Pelayanan

12. ham.jpg | Buliran.com

, – Pemerintah Kota (Pemkot) Bukittinggi berharap seluruh Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) agar dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat supaya kehadiran pemerintah dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Dengan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang dilakukan para OPD, kita berharap masyarakat merasa adanya pemerintah , yang tentunya akan memberikan manfaat yang banyak untuk mereka,” kata Wakil Wali Kota Bukittinggi, di Bukittinggi, Kamis (10/2).

Menurut Marfendi, saat ini di Bukittinggi ada empat OPD yang dinilai , yaitu Dinas Pendidikan, Dinas Dukcapil, Dinas, Penanaman Modal dan Perizinan dan Dinas . Keempatnya dinilai dalam segi kepatuhan terhadap standar pelayanan terhadap masyarakat.

“Jika saat ini hanya empat OPD yang mendapat penilaian, kedepan saya minta seluruh OPD bisa mendapatkan hal yang sama. Kuncinya yaitu menyiapkan diri untuk menjadi pelayan masyarakat secara utuh dan dengan hati,” jelasnya.

Walau penilaian bukan sebuah acuan, Marfendi mengingatkan, semua OPD bisa menjalankan tugasnya dengan lebih baik. Meskipun ada atau tidak penilaian, namun pelayanan kepada masyarakat harus tetap menjadi prioritas.

“Kita berharap bagaimana masyarakat merasa adanya pemerintah kota Bukittinggi akan memberikan manfaat yang banyak untuk mereka,” harapannya.

Marfendi menyebutkan, Pemkot Bukittinggi pada Selasa (8/2) siang, kedatangan tamu dari perwakilan ombudsman . Rombongan tersebut datang untuk menyerahkan penilaian terhadap kepatuhan pemerintah kota Bukittinggi terkait standar pelayanan terhadap masyarakat, yang penilaiannya dilakukan pada 2021.

“Alhamdulillah rombongan itu kita sambut bersama dengan asisten beserta 19 OPD yang ada di kota Bukittinggi, yang berlangsung dari pukul 14.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB di aula pertemuan kota Bukittinggi,” paparnya.

Baca Juga   KDRT Bukan Solusi Hadirkan Keluarga Harmonis

Dia menyebutkan, dalam penilaian pada 2021 lalu untuk empat OPD tersebut mendapat kuning, meski pun pada 2018 sudah pernah mencapai titik hijau, yang merupakan penilaian tertinggi.

“Mudah-mudahan dengan kedatangan rombongan itu, yang sekaligus juga menjelaskan tentang apa-apa saja dinilai dalam kepatuhan tersebut, dan apa saja menjadi fokus utama dalam pelayanan terhadap masyarakat sedetail-detailnya,”

“Kita berharap semoga kalau kemarin itu dinilai hanya empat OPD, kedepan sudah menginginkan kepada seluruh OPD yang ada menyiapkan diri untuk menjadi pelayan masyarakat secara utuh dan dengan hati,” paparnya. (ara)