Daerah  

Edukasi Sangat Penting untuk Mencegah Stunting

4. wawan.jpg | Buliran.com

, DEPOK – Pertumbuhan anak yang tidak normal () menjadi persoalan urgent yang jadi prioritas penanganan Pemkot Depok sejak beberapa waktu belakangan. Bahkan, tahun ini hal itu menjadi menu pokok dalam yang harus bisa diterjemahkan untuk dicarikan jalan keluarnya.

Kasi Kemasyarakatan dan Pelayanan Kelurahan Leuwinanggung, Setiawan dalam bincang-bincang dengan BuliranNews, mengakui kalau stunting saat ini tak lagi menjadi persoalan ke wilayahan, namun telah menjadi ranah Pemkot sehingga dalam banyak kesempatan selalu menekankan persoalan itu.

“Di Leuwinanggung sendiri, saat ini tercatat sebanyak 30 kasus stunting yang tersebar rata di semua ,” kata Wawan menjelaskan.

Disinggung menyangkut penyebab kondisi tersebut, Wawan mengatakan bahwa secara ilmiah stunting disebabkan beberapa hal, diantaranya : dini, pendidikan orang tua yang tak memadai, asupan makanan saat yang tak mencukupi dan minimnya pemeriksaan si ibu saat hamil.

“Jadi secara umum, memang banyak faktor yang bisa menjadikan bayi tumbuh menjadi stunting,” ulasnya.

Untuk mencegah agar stunting tak terus merebak, edukasi tentang stunting itu sendiri perlu dilakukan. Tak hanya bagi para , tapi juga masyarakat secara keseluruhan.

“Melalui berbagai program yang telah dilakukan pemerintah, diharapkan pemahaman akan stunting bisa lebih dipahami oleh para ibu agar keturunan mereka bisa tumbuh secara normal,” imbuhnya. (ted)

Baca Juga   Puskesos Leuwinanggung Disosialisasikan