Diwarna Kartu Merah, Barca Kalahkan Atletico Madrid 4-2

Avatar Of Teddy Chaniago
3. Barca | Buliran.com

BuliranNews, KATALAN – Mesin Barcelona mulai panas, pelan tapi pasti tim besutan pelatih muda Xavi Hernandez ini mulai menunjukkan tajinya. Dalam lanjutan La Liga tadi subuh, Barcelona berhasil mengantongi tiga poin setelah menghempaskan Atletico Madrid 4-2. Pertandingan itu diwarnai kartu merah bek senior Barca Dani Alves.

Barcelona menjamu Atletico di Camp Nou dalam lanjutan LaLiga, Minggu (6/2) malam. Barca memenangi pertandingan usai sempat tertinggal lebih dulu oleh gol cepat Los Rojiblancos, yang dicetak Yannick Carrasco.

Setelahnya, Blaugrana mengamuk dengan mencetak empat gol beruntun dari Jordi Alba, Gavi, Ronald Araujo, dan Dani Alves. Luis Suarez membobol gawang mantan timnya untuk membawa Atletico mengecilkan ketinggalan.

Alves mesti meninggalkan area permainan lebih awal setelah diusir oleh wasit. Meski demikian, kartu merah Alves tidak memengaruhi hasil akhir permainan.

Dengan hasil ini Barcelona menembus empat besar klasemen Liga Spanyol. Barcelona menyalip Atletico usai mengumpulkan 38 poin, hanya terpaut dua poin dari Real Betis di peringkat ketiga. Atletico melorot ke peringkat lima dengan 36 poin.

Barcelona mendominasi penguasaan bola di menit-menit awal. Sebuah serangan berbahaya dilakukan pada menit kelima. Ferran Torres sempat mengancam gawang Atletico setelah tembakannya dari dalam kotak penalti melenceng tipis.

Atletico justru mencuri gol dengan sekali serangan. Pada menit kedelapan, Yannick Carrasco menaklukkan penjagaan Marc-Andre Ter Stegen untuk membawa Atletico unggul 1-0.

Dari serangan yang dibangun dari sayap kanan, Stefan Savic mengirim operan mendatar kepada Luis Suarez. Pemain top Uruguay itu menyodorkan umpan kepada Carrasco yang menyelesaikan dengan sepakan first-time ke sudut bawah gawang Barcelona.

Keunggulan Atletico cuma bertahan sebentar. Barcelona langsung membalas pada dua menit kemudian untuk menjadikan kedudukan seimbang 1-1.

Baca Juga   Menangi Gim Keenam, Milwaukee Bucks Juarai Final NBA 2021

Dani Alves melepaskan umpan dari sayap kanan kepada Jordi Alba yang berdiri tidak terkawal di area kotak penalti. Alba menuntaskan dengan sepakan kaki kiri first-time yang melewati kepala Oblak sebelum menghujam sudut atas gawang Atletico.

Atletico nyaris menambah golnya. Pada menit ke-20, Joao Felix melepaskan tembakan kaki kanan ke tiang jauh meski bola melenceng.

Semenit kemudian, Barcelona berbalik unggul. Kecepatan Adama Traore mengalahkan Mario Hermoso di sisi kanan, lalu mengirim crossing ke kotak penalti. Gavi menyambut bola dengan sundulan yang tidak mampu dihalau Oblak. Barca kini memimpin 2-1.

Sebuah peluang emas diciptakan Atletico. Barcelona tidak mengamankan tendangan bebas Atletico dengan baik sehingga membebaskan Joao Felix di tiang jauh. Felix menyongsong umpan matang dengan tembakan kaki kanan, meski masih bisa ditangkap Ter Stegen.

Gempuran serangan Barcelona akhirnya membuahkan hasil. Pada menit ke-42, Ronald Araujo mencetak gol ketiga untuk mengubah skor menjadi 3-1. Diawali dari sundulan Ferran Torres yang menghantam mistar gawang Atletico, bola rebound diselesaikan Araujo dengan tendangan dari jarak dekat.

Barcelona membuat Atletico semakin babak belur. Di menit ke-49, Dani Alves menciptakan gol keempat Barcelona untuk memperbesar skor menjadi 4-1 lewat sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Luis Suarez menghidupkan asa Atletico setelah mencetak gol tambahan bagi timnya pada sembilan menit berselang. Dari sepak pojok Koke, Jose Jimenez menyundul bola di tengah kotak penalti, bola lantas diteruskan Suarez dengan sundulan di dekat tiang lalu menembus gawang Barcelona. Skor kini 4-2, masih untuk keunggulan Barcelona.

Di tengah usaha mempertahankan keunggulannya, Barcelona mesti bermain dengan 10 pemain. Dani Alves dikartu merah di menit ke-69 karena melakukan tekel horor kepada Carrasco.

Baca Juga   Drawing Piala Dunia 2022: Spanyol Kontra Jerman di Grup E

Atletico bermain lebih agresif setelah unggul jumlah pemain. Barcelona berupaya menahan gempuran serangan lawan yang bermain cukup keras.

Atletico Madrid kesulitan menciptakan peluang bersih meski lebih mendominasi permainan. Pada akhirnya, skor 4-2 untuk keunggulan Barcelona tetap bertahan.

Susunan Pemain

BARCELONA: Ter Stegen, Dani Alves, Pique, Jordi Alba, Ronald Araujo, Busquets, De Jong, Pedri (Nico Gonzalez 66′), Gavi (Dest 71′), Adama Traore (Aubameyang 61′), Ferran Torres

ATLETICO MADRID: Oblak, Vrsaljko (Wass 46′), Savic, Jose Jimenez, Hermoso (Matheus Cunha 55′), Koke (Herrera 76′), Carrasco, Lemar (Reinildo 55′), De Paul, Luis Suarez, Joao Felix (Correa 58′). (*/rin/ran)