Rampah Lingkaran Sawa, Kepingan Surga di Belantara Meratus

Avatar Of Teddy Chaniago
3.1 Air Terjun | Buliran.com

PEGUNUNGAN Meratus di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) masyhur dengan hutan hujan tropis yang memesona dengan keindahan alam berupa tumbuhan unik, hewan, sungai bahkan air terjun.

Salah satunya adalah air terjun Rampah Lingkaran Sawa yang terletak di Batu Kambar Desa Hinas Kiri, Kecamatan Batang Alai Timur.

Tak banyak yang mengetahui air terjun satu ini, sehingga untuk berkunjung daerah tersebut akan mempunyai kesan mendalam, setelah menyaksikan suasana alam yang masih perawan.

Perjalanan menuju air terjun tersebut, dari Kota Barabai, Kabupaten HST menuju Desa Hinas Kiri bisa menggunakan mobil atau motor sekitar 50 kilometer (km) atau kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Selanjutnya, dari Desa Hinas Kiri diperlukan waktu kurang lebih tiga sampai empat jam dengan berjalan kaki dari pemukiman warga di Hinas Kiri, sehingga para pencinta wisata alam harus mempunyai persiapan ekstra, baik itu perbekalan, kesehatan maupun tenaga.

Menuju ke lokasi tersebut, tidak ada alat transportasi selain jalan kaki, karena akses jalan belum bisa dilewati kendaraan bermotor.

Kondisi tersebut, berbeda dengan wisata Air Terjun Haratai di Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), yang kini sudah bisa dilintasi dengan sepeda motor.

Bagi wisatawan yang baru pertama kali ingin menuju ke lokasi tersebut, disarankan mengajak atau menggunakan jasa penunjuk jalan warga sekitar agar tidak tersesat dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga   Keasrian nan Memesona Hutan Mangrove Pangkal Babu