Mirip Apple dan Realme, Oppo Patenkan Dua Charger Nirkabel

  • Share

PRODUSEN smartphone Oppo semakin meningkatkan upaya untuk memperpanjang masa pakai baterai dan menyediakan solusi pengisian daya (charger) baik kabel atau nirkabel yang cepat. Kali ini perusahaan itu mematenkan dua bantalan pengisian nirkabel untuk ponselnya.

Detail lengkap dan arsitektur teknis produk masih belum diketahui sepenuhnya. Namun, ada spekulasi bahwa Wireless Charging Pads dapat mengisi daya beberapa perangkat secara bersamaan. Ini menjadi tantangan tersendiri, karena umumnya tidak cukup berfungsi dibanding pengisian kabel yang lazim di pasar.

Oleh karena itu, memiliki perangkat yang mengisi daya beberapa ponsel cerdas secara nirkabel pada saat yang bersamaan bisa menjadi terlalu lama. Magsafe Power Pack Apple hanya menawarkan pengisian daya 15W saat beroperasi secara nirkabel, jauh lebih rendah daripada pengisi daya kabel.

Teknologi pengisian daya nirkabel memang lebih dulu dikenalkan oleh Apple dengan Magsafe Power Pack yang sudah dijual di Amerika Serikat. Selain itu, Realme juga diketahui telah mendapatkan paten untuk perangkat serupa yang akan datang dengan nama MagDart.

Namun, secara keseluruhan, solusi pengisian daya nirkabel untuk ponsel dapat menjadi kurang optimal dan lebih lambat daripada sistem pengisian daya kabel. Solusi pengisian daya nirkabel, yang sudah umum di pasaran, juga mengalami beberapa masalah serius.

Pengisi daya nirkabel rentan terhadap kehilangan daya selama transfer karena penyelarasan yang tidak tepat atau tidak memadai. Meskipun tidak banyak yang diketahui tentang paten itu, konsep pengisian daya nirkabel ganda ini terlihat menarik ketika akhirnya diluncurkan.

Selain itu, tidak banyak juga yang bisa dikatakan tentang jadwal aktualisasi paten Oppo. Perusahaan asal Cina itu juga belum membuat pernyataan apa pun mengenai rencananya untuk bantalan pengisian nirkabel.(*/tem)

Baca Juga   Guys, Vivo Y53s Sudah Resmi Beredar di Indonesia
  • Share