Bengkulu Selatan Terapkan Kurikulum Baca Tulis Alquran di Sekolah

Avatar Of Teddy Chaniago
2. Bengkulu | Buliran.com

BuliranNews,BENGKULU SELATAN –  Sebagai bentuk keseriusan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan untuk mewujudkan Bengkulu Selatan kota hafiz Al-Qur’an dibuktikan dengan masuknya kurikulum pembelajaran baca tulis Al-Qur’an dalam pembelajaran di sekolah khususnya pada jenjang SD dan SMP.

“Memang betul tahun pelajaran baru ini (2022) sudah mulai diterapkan. Tenaga pendidik juga membuat silabus pembelajaran berdasarkan panduan dan sesuai dengan visi misi bupati. Supaya materi yang disampaikan sama, dan tujuan adanya kurikulum ini tercapai,” kata Kabid Dikdas Bengkulu Selatan Efriansyah, mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan Rispin Junaid, Kamis (3/2).

Adanya kurikulum baca tulis Al-Qur’an ini, sambung Efriansyah, sebagai upaya strategis Pemkab Bengkulu Selatan dalam rangka mendorong terwujudnya generasi rabbani yang cerdas dan berakhlak mulia, dab sebagai langkah terwujudnya kota hafiz Al-Qur’an.

Efriansyah menjelaskan, untuk kelengkapan atau sarana pembelajaran kurikulum baca tulis Al-Qur’an ini pihak sekolah bisa mengalokasikan melalui dana BOS nasional.

“Kami juga lagi menggarap SK tambahan untuk memasukkan pembelajaran muatan lokal, yang di dalamnya termasuk pembelajaran tentang keunggulan daerah. Seperti tari andung, bedindang atau keterampilan lainnya yang bersifat kearifan lokal,” tambah Efriansyah.

Baca tulis Al-Qur’an ini menjadi salah satu syarat naik kelas jenjang SD dan SMP. Untuk jenjang SD wajib bisa membaca dan menulus iqra sesuai tingkatan kelas masibg-masing.

Baca Juga   1.552 Siswa di Penjuru Indonesia Raih Beasiswa ADik 2021