Duo Amerika – Rusia, Masih Terdepan dengan Kekuatan Angkatan Laut

7. angkatan laut | Buliran.com

MATRA laut menjadi kekuatan penting militer sebuah negara. Sebagian besar negara di dunia membutuhkan armada yang kuat untuk menjaganya. Sejak masa lalu, Angkatan Laut menjadi salah satu simbol kekuatan sebuah negara. Military Today mencatat, 10 negara di dunia memiliki angkatan laut terkuat di dunia. Sayangnya 10 teratas negara tersebut, tak ada satupun dari negara Muslim.

Angkatan Laut Serikat, tetap berada di urutan pertama. Angkatan Laut Amerika mengoperasikan 11 besar yang digunakan memproyeksikan kekuatan, termasuk satu kapal induk kelas Ford dan 10 kelas Nimitz dan Improved Nimitz. Masing-masing kapal induk ini memiliki 70-80 . Ini adalah kekuatan yang lebih besar dan lebih kuat daripada angkatan udara banyak negara.

Kapal induk dikerahkan dalam kelompok-kelompok tempur kapal induk bersama sejumlah kapal yang mengawal dan kapal selam. Kapal pengawal tersebut memberikan perlindungan bagi kapal induk dari ancaman udara, rudal, serta ancaman laut dan bawah laut. Pengawalan ini juga menyediakan kemampuan serangan tambahan.

Angkatan Laut AS memiliki kemampuan serangan amfibi yang signifikan. Mereka mengoperasikan 8-9 kapal serang amfibi Kelas Amerika dan kelas Wasp. Masingmasing kapal membawa sekitar 1.700-2.000 marinir serta kendaraan lapis baja ke daratan. Kapal juga membawa helikopter dan hovercraft, bahkan pesawat tempur.

Urutan selanjutnya adalah Angkatan Laut . Setelah jatuhnya Uni Soviet, Angkatan Laut Rusia mewarisi sebagian besar armada Angkatan Laut Soviet. Sejak awal 1990-an, dengan berakhirnya Perang Dingin dan masalah pendanaan konstan, armada Rusia telah berkurang secara signifikan.

Angkatan Laut Rusia mengoperasikan satu kapal induk Admiral Kuznetsov. Kapal ini tidak semampu kelas Nimitz AS dalam banyak hal, termasuk membawa lebih sedikit pesawat. Meski begitu, kapal induk Rusia tetap kapal yang tangguh dan menakutkan. Angkatan Laut Rusia berinvestasi dalam kapal selam rudal balistik kelas Borei yang baru. Kapal-kapal ini mampu membawa rudal antarbenua berujung . Ada beberapa kapal rudal balistik kelas Delta IV yang juga merupakan ancaman signifikan.

Baca Juga   7 Tugu nan Ikonik di Indonesia

Urutan ketiga adalah Angkatan Laut Cina. Secara resmi disebut Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat Cina. Pada 2018, Angkatan Laut Cina mengoperasikan satu kapal induk Liaoning yang terutama digunakan sebagai kapal latih. Mereka kini membangun kapal induk .

Cina memiliki sekitar 30 kapal perusak, 50 frigat, dan 40 korvet. Mereka mengoperasikan 68 kapal selam. Di antaranya empat kapal selam rudal balistik nuklir kelas Jin, yang membawa rudal balistik antarbenua berujung nuklir. Mereka lah yang disebut Napoleon Bonaparte sebagai raksasa yang sedang tidur. Raksasa itu kini mulai bangun.

Itulah urutan tiga besar angkatan laut terkuat di dunia. Urutan selanjutnya: 4. Jepang; 5. Inggris; 6. Prancis; 7. India; 8. ; 9. Italia; 10. Taiwan.
Lalu, siapa urutan ke 11? Military Today menempatkan Angkatan Laut. Meski Angkatan Laut Indonesia memiliki personel dan secara signifikan memiliki lebih banyak , sebagian besar armada AL Indonesia terbatas untuk operasi-operasi wilayah dekat. ***