Ternyata Ini Lho, 5 Lapangan Terbang Pertama yang Dibangun di Indonesia

Lapangan Terbang Pertama yang Dibangun di Indonesia
Lapangan Terbang Pertama yang Dibangun di Indonesia

BEBERAPA bandara yang dibangun pertama kali di Indonesia tidak semuanya kini sudah tinggal sejarah. Ada bandara yang sudah beralih fungsi, ada juga yang sudah tidak digunakan, serta ada juga yang dipindah tidak jauh dari lokasi semula.

Berikut kami hadirkan lima bandara pertama yang dibangun di Indonesia oleh pemerintah kolonial Belanda.

1. Lapangan Terbang Kalidjati, Subang

3. kalijati | Buliran.com

Lapangan terbang ini dibangun pada tahun 1914. Lapangan ini memang sengaja dibangun tak jauh dari Batavia agar mudah digunakan kala diperlukan. Lokasinya yang berada di pedalaman, membuatnya terlindungi. Area ini juga dijadikan sebagai tempat penyerahan dari Belanda ke Jepang pada 8 Maret 1942.

2. Lapangan Terbang Andir, Bandung

3. lapangan terbang andir | Buliran.com

Sebelum membangun lapangan terbang Andir, Belanda terlebih dahulu membangun lapangan terbang di Sukamiskin dan sempat diresmikan pada 1921. Namun karena struktur tanahnya yang lembek membuat penjajah membangun kembali di Andir. Lapangan terbang ini menjadi cikal bakal bandara Husein Sastranegara. Lapangan terbang ini dibangun dengan sederhana berupa tanah lapang yang diperkeras dengan aspal

3. Lapangan Terbang Tjililitan, Batavia (Jakarta)

3. lapangan terbang cilililitan | Buliran.com

Menjelang dunia I, Belanda menganggap penting membangun lapangan terbang di Batavia. Lapangan terbang ini dibangun selesai dibangun pada 1924. Lapangan terbang ini dijadikan tempat latihan terbang Fokker buatan Belanda untuk Kawasan Asia Pasifik. Ini merupakan cikal bakal Bandara Halim Perdanakusuma.

4. Lapangan Terbang Darmo, Surabaya

3. lapangan darmo | Buliran.com

Lapangan terbang ini terletak di Kelurahan Sawunggaling, Kecamatan Wonokromo Surabaya. Saat ini bekas lokasi lapangan terbang menjadi Komplek Makodam V Brawijaya. Lokasi landasan pacu lapangan terbang yang dibangun pada 1920 itu kini menjadi Jalan Raden Wijaya.

Baca Juga   10 Negara Mini Nan Mempesona Namun Jarang Terekspose

5. Lapangan Terbang Kemayoran, Batavia (Jakarta)

1. kemayoran | Buliran.com

Ini merupakan lapangan terbang pertana yang ada di Batavia. Lapangan yang dibangun pada 1934 ini diresmikan pada 8 Juli 1940. Lapangan terbang ini terbilang modern saat itu dengan kapasitas besar dan fasilitas lengkap. (*/brl)